Tim SK4 Selanjutnya Dibawah Komando Satpol PP Linmas

Kamis, 15 Desember 2022, 05:11 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang
Tim SK4 Selanjutnya Dibawah Komando Satpol PP Linmas
Wako Padang, Hendri Septa menyaksikan serah terima Tim SK4 dari Kesbangpol ke Satpol PP Linmas, Rabu. (humas)

PADANG (14/12/2022) - Tim Satuan Koordinasi Keamanan dan Ketertiban Kota (SK4) Padang selanjutnya dibawah kendali Satpol PP Linmas. Pemindahan ini sesuai amanat PP No 6 Tahun 2010 tentang Satpol PP dan Permendagri No 26 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Ketertiban Umum dan Ketertiban Masyarakat serta Pelindungan Masyarakat.

"Dua peraturan ini menerangkan, perangkat daerah yang berwenang melaksanakan penyelenggaraan ketertiban umum dan ketertiban masyarakat serta pelindungan masyarakat adalah Satpol PP maka dari itu perlu untuk keselarasan SK4 digabungkan ke Satpol PP Linmas Kota Padang," ungkap Wako Padang, Hendri Septa usai serah terima, Rabu.

Kepindahan ini, ditandai dengan penyerahan personil serta hal-hal pendukung dari Kapala Kesbangpol ke Satpol PP Linmas oleh Wali Kota Padang, Hendri Septa, di lapangan Pamong Praja yang baru saja diresmikan.

Dalam kesempatan tersebut, turut hadir pejabat Pemkot Padang serta unsur Frokopinda di Kota Padang.

Baca juga: Tim SK4 Padang Amankan Pemandu Karaoke

Dengan telah digabungkan Tim SK4 dibawah Satlinmas Pol PP Padang, tentu diharapakan kedepan Satpol PP semakin aktif untuk menjaga Ketertiban dan Ketentraman di Kota Padang.

Kedepan, diharapkan Satpol PP Linmas dalam penegakan Perda dengan telah bergabungnya SK4 tentu Pol PP semakin efektif dalam penerapan Perda-perda yang ada di Kota Padang.

Selain itu, dalam kesempatan yang sama Pasukan Pengerek Bendera Pusaka (Paskibra) Kota Padang yang sebelumya bernaung di Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) kini dialihkan ke Kesbangpol, hal ini berpedoman kepada PP No 51 Tahun 2022 tentang Program Paskibraka.

Sesuai program Paskibraka adalah program kaderisasi calon pemimpin bangsa yang berkarakter Pancasila. Pelaksana program Paskibraka adalah badan yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pembinaan Ideologi Pancasila dalam hal ini adalah Badan/Kantor Kesbangpol.

Hendri juga menjelaskan, Paskibraka yang telah menyelesaikan tugas maka akan diangkat menjadi Purna Paskibraka Duta Pancasila. "Mereka akan mendapat pembinaan lanjutan untuk melaksanakan tugas sebagai Purna Paskibraka Duta Pancasila," tutup Hendri. (vri)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: