Pilgub Dibiayai APBD, Asrinaldi: Dewan Punya Fungsi Pengawasan

Selasa, 03 November 2015, 13:50 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
Pilgub Dibiayai APBD, Asrinaldi: Dewan Punya Fungsi Pengawasan
Akademisi dari Fisip Unand, Asrinaldi. (istimewa)

VALORAnews - Akademisi Unand Padang, Asrinaldi menilai, panitia khusus (Pansus) pemilihan gubernur dan wakil gubernur (Pilgub) pada pemilihan serentak 2015, sah-sah saja diancang-ancang DPRD Sumbar.

"Tapi itu sekadar proses menertibkan administrasi penyelenggara Pilkada dan bisa jadi handicap perbaikan Pilkada kedepan," ujar Asrinaldi, Selasa (3/11/2015) di Padang.

Asrinaldi tak sepakat, jika Pansus disebutkan bertabrakan kewenangannya dan akan jadi temuan oleh BPK yang nantinya berujung bisa menjerat DPRD ke tindak pidana dugaan korupsi. (Baca: Pansus Pilgub Sumbar, Hidayat: Gerindra tak akan Kirim Anggota)

"Tidak sejauh itu. DPRD itu fungsinya mengawasi. Pilkada ini dibiayai APBD. Sah saja DPRD melakukan pengawasan, apalagi Pilkada bagian dari penyelenggaraan pemerintahan kedepan," ujarnya. (Baca: Lima Fraksi DPRD Setujui Pembentukan Pansus Pilgub Sumbar)

Baca juga: Komisi V DPRD Sumbar Kembali Matangkan Ranperda Pemajuan Kebudayaan Daerah

Meski Pansus Pilkada diberitakan membuat DPRD terpecah, tapi kayaknya inisiator Pansus terus melakukan upaya, agar DPRD menyetujui pembentukan Pansus tersebut. Informasi yang bererdar, disetujui atau tidak Pansus Pilgub ini, akan ditentukan pada Jumat (4/11/2015).

Namun dari sebaran partai pendukung pasangan calon, portal ini memprediksi Pansus akan mulus disetujui DPRD Sumbar, karena hanya dua dari tiga Fraksi DPRD akan terus melakukan penolakan yaitu Fraksi Gerindra dan PKS.

Pada Pilgub Sumbar 2015 ini, terdapat dua pasangan calon nomor urut 2, Irwan Prayitno dan Nasrul Abit (IP-NA) yang diusung PKS dan Partai Gerindra. Sementara, pasangan nomor urut 1, Muslim Kasim dan Fauzi Bahar (MK-FB) diusung PAN, Partai Hanura, Partai Nasdem dan PDI Perjuangan.

Pada paripurna DPRD Sumbar, Senin (2/11/2015) siang, lima fraksi memberikan persetujuannya terhadap rencana pembentukan Pansus Pilgub yaitu Fraksi Partai Golkar, Fraksi PPP, Fraksi Partai Hanura, Fraksi Partai Nasdem serta Fraksi Gabungan PDIP, PKB dan PBB.

Baca juga: 75 WRSE Ikuti Pelatihan Pembuatan Kue Angkatan IX, Supardi: Jadilah Motor Penggerak Ekonomi Payakumbuh

Tiga fraksi yang menyampaikan penolakan terhadap Pansus Pilgub 2015 yaitu Fraksi Partai Gerindra, Fraksi PKS dan Fraksi PAN. Fraksi Partai Demokrat memilih tidak menyampaikan pendapat alias abstain. (cr3)

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: