5 SOP Satgas Saber Pungli Dikupas, Padang Zero Pungli jadi Target

Jumat, 25 November 2022, 14:43 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang
5 SOP Satgas Saber Pungli Dikupas, Padang Zero Pungli jadi Target
Inspektur Kota Padang, Syuhandra membuka Rakor dan Evaluasi Satgas Saber Pungli yang dilangsungkan di Ruang Rapat Kantor Bappeda Kota Padang, Rabu pagi. (humas)

PADANG (23/11/2022) -- Inspektur Kota Padang, Syuhandra berharap, Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) terus mengoptimalkan kegiatan pencegahan praktik korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN). Baik di kalangan aparatur sipil negara (ASN) ataupun di masyarakat.

"Melalui Rakor ini, kita harapkan semua unsur yang tergabung di dalam Tim Satgas Saber Pungli Kota Padang dapat melakukan tugas dan fungsinya dengan baik. Terutama sekali mengetahui perencanaan, pelaksanaan dan pertanggungjawaban sekaligus berperan secara maksimal dalam upaya peningkatan efektifitas pemberantasan Saber Pungli," ujar Syuhandra di Padang.

Pernyataan itu disampaikan Syuhandra saat membuka Rapat Koordinasi (Rakor) dan Evaluasi Satgas Saber Pungli yang dilangsungkan di Ruang Rapat Kantor Bappeda Kota Padang, Rabu pagi. Salah satu komitmen dari Rakor itu, memaksimalkan pelaksanaan tugas dan fungsi demi mewujudkan Kota Padang Zero Pungli.

Di samping itu, Syuhandra mengapreasiasi pelaksanaan Rakor tersebut, karena akan dilakukan penyampaian pedoman pelaksanaan lima jenis standar operasional prosedur (SOP) Saber Pungli yang sudah ditetapkannya pada 4 Oktober 2022 lalu.

Baca juga: PELABUHAN PENASAHAN, Rusma Yul Anwar: Lanjutan Pembangunan Ini, Bentuk Perhatian Pemerintah Pusat ke Pessel

"Kelima jenis SOP tersebut yaitu SOP Kesekretariatan dan Operasional, SOP Operasi Intelijen, SOP Operasi Penindakan, SOP Operasi Yustisi dan SOP Pencegahan. Kita sudah meminta kepada masing-masing kelompok kerja (Pokja) Satgas Saber Pungli untuk dapat memberikan evaluasi SOP dimaksud untuk dilakukan penyempurnaan," imbuhnya.

Maka itu, tambah dia, para peserta rakor diharapkan untuk nantinya bisa menyampaikan kepada jajaran dan masyarakat terkait kegiatan Saber Pungli.

"Di antaranya yaitu mengedepankan pencegahan melalui sosialisasi, publikasi (Baliho dan banner), monitoring dan penetapan SOP. Semoga, ASN dan komponen masyarakat memahami bahaya dan hukuman yang diterima apabila melakukan pungli atau KKN. Ini semua demi terwujudnya Kota Padang Zero Pungli," tukasnya.

Peserta Rakor dan Evaluasi Satgas Saber Pungli ini di antaranya dari Kejaksaan, unsur TNI - Polri dan Perwakilan OPD dilingkungan Pemerintah Kota Padang. (vri)

Baca juga: KSOP TELUK BAYUR Bagikan 100 Jaket Pelampung di Pantai Carocok

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: