KPU Terima Soft Copy DAK2 dari Kemendagri

Jumat, 17 April 2015, 16:52 WIB | Wisata | Nasional
KPU Terima Soft Copy DAK2 dari Kemendagri
Ketua KPU RI, Husni Kamil Manik menerima DAK2 dari Mendagri Tjahyo Kumolo disaksikan Muhammad (Ketua Bawaslu) di Sasana Bakthi Gedung Kemendagri, Jl. Merdeka Barat No. 7 Jakarta Pusat, Jumat (17/4/2015). (humas kpu ri)

VALORAnews -- Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo menyerahkan Data Agregat Kependudukan per-Kecamatan (DAK2) kepada Ketua KPU RI, Husni Kamil Manik, Jumat (17/4/2015). DAK 2 ini akan jadi pedoman bagi KPU dalam menentukan jumlah dukungan calon perseorangan dalam Pilkada serentak, 9 Desember 2015 mendatang.

"Kesempatan ini pantas disyukuri, dimana hari ini 17 April 2015 kita dapat menyelenggarakan satu kewajiban antara Kemendagri dengan KPU dimana Bapak Mendagri menyerahkan DAK2 sebagai bahan yang akan digunakan dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil Bupati serta walikota dan wakil walikota pada 2015 ini," tutur Husni dihadapan para jajaran Kemendagri.

Ia menuturkan, data yang diserahkan dalam bentuk soft copy itu, dapat mempermudah KPU untuk mendistribusikannya ke KPU daerah yang pada tahun ini, akan menyelenggarakan pemililihan kepala daerah dan wakil kepala daerah.

"Data soft file ini sangat memudahkan kami untuk mendistribusikan ke KPU Provinsi dan KPU kabupaten/kota, karena kita sudah menyediakan kanal informasi. Begitu sampai di kantor, setelah operator mengolahnya dalam hitungan yang tidak terlalu lama, datanya sudah sampai ke masing-masing daerah," ungkap Husni di Sasana Bakthi Gedung Kemendagri, Jl. Merdeka Barat No. 7 Jakarta Pusat.

Baca juga: Haul 5 Tahun Husni Kamil Manik: HKM Sukses Wujudkan Pola Kolektif Kolegial Selama Pimpin KPU RI

Menurutnya, tanpa soft file atas DAK2 itu, KPU akan mengalami kesulitan untuk dapat menjangkau sembilan provinsi dan 260 kabupaten/kota yang pada 2015 ini, akan menyelenggarakan Pilkada.

"Tanpa satu fasilitasi berupa soft file ini maka akan sulit sekali bagi kami untuk bisa menjangkau 9 provinsi dan 260 kabupaten kota dalam waktu singkat," tutur Husni sebagaimana siaran pers KPU RI yang dilansir beberapa saat lalu.

Dalam pertemuan tersebut, Ketua KPU RI secara khusus mengundang Mendagri beserta jajaran Kemendagri, untuk menghadiri acara peresmian penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota Serentak Tahun 2015.

"Setelah kegiatan ini secara khusus saya mengundang Bapak Menteri Dalam Negeri beserta seluruh pejabat di lingkungan Kementerian Dalam Negeri untuk hadir nanti siang di KPU untuk launching penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2015," ujar Husni. (kyo)

Baca juga: Haul Kelima Husni Kamil Manik, 2 Gubernur dan 5 Sahabat Beri Kesaksian

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: