Ada 1002 Anak Stunting di Padang, BKKBN Sumbar, Pemko dan Baznas Jalin Kerjasama Pencegahan

Kamis, 03 November 2022, 15:38 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang
Ada 1002 Anak Stunting di Padang, BKKBN Sumbar, Pemko dan Baznas Jalin Kerjasama...
Sekda Padang, Andree Algamar bersama Mufti Syarfie (ketua Baznas), Fatnawati (kepala perwakilan BKKBN Sumbar) dan jajaran, foto bersama usai penandatanganan nota kesepakatan pencegahan dan penurunan prevalensi stunting, Rabu. (humas)

"Camat beserta Lurah dan Puskemas kita minta lebih proaktif menyikapi masalah ini," tegasnya.

Sementara, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumbar, Fatmawati menyebutkan, kerjasama yang dilakukan kali ini adalah menindaklanjuti Peraturan Presiden (Perpres) No 72 Tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting di Indonesia.

Selain itu juga menyikapi Peraturan BKKBN No.12 Tahun 2021 tentang Rencana Aksi Nasional Percepatan Angka Stunting Indonesia Tahun 2012-2024.

Baca juga: Sekda Bukittingi Lantik 4 Pimpinan BAZNas Pengganti Antar Waktu Periode 2020-2025

"Untuk dapat melaksanakan amanah Perpres ini dengan baik, seluruh pihak terkait harus bersungguh-sungguh melaksanakan tugasnya dalam pencegahan stunting sesuai kewenangan masing-masing."

"Upaya ini juga mendukung terwujudnya target nasional penurunan stunting 14 persen di 2024," sebutnya.

Fatmawati menjelaskan, terkait upaya yang akan dilakukan dari kerjasama kali ini yaitu bagaimana lintas sektoral saling berkolaborasi dalam pencegahan stunting di Kota Padang.

"Baik itu melalui pemberian bantuan makanan tambahan selama enam bulan berturut-turut bagi setiap anak penderita stunting."

"Harapannya adalah pertumbuhan tubuhnya menjadi meningkat dan terbebas dari stunting."

"Selain itu kita bersama juga sepakat akan melakukan pembekalan dan pemeriksaan kesehatan bagi setiap calon pengantin (catin) sekaligus melakukan penyediaan jamban dan sumber air minum yang layak. Karena hal ini juga menyebabkan potensi risiko stunting," tuasnya.

Dalam kesempatan itu juga hadir Plt Kepala DP3AP2KB Kota Padang, Alfiadi, Kepala Disdukcapil Kota Padang Teddy Antonius, Kabag Kerjasama Erwin M serta sejumlah pimpinan OPD dan stakeholder terkait lainnya. (vri)

Halaman:
1 2

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: