Pasar Atas, Pasar Bawah, Pasar Aur Kuning Bukittinggi dan Pasar Serikat C Batusangkar Siap QRIS

Selasa, 25 Oktober 2022, 21:10 WIB | Bisnis | Kota Bukittinggi
Pasar Atas, Pasar Bawah, Pasar Aur Kuning Bukittinggi dan Pasar Serikat C Batusangkar...
Kepala BI Sumbar, Wahyu Purnama A uji coba penggunana QRIS saat peresmian Pasar Siap QRIS untuk Pasar Atas, Pasar Bawah, Pasar Aur Kuning Bukittinggi dan Pasar Serikat C Batusangkar, di Bukittinggi, Selasa. (humas)

Pasar yang telah diresmikan menjadi Pasar dan Pusat Perbelanjaan S.I.A.P QRIS:

  1. Tahun 2021 : Pasar Kuliner Padang Panjang, Basko Grand Mall, Transmart Padang
  2. Tahun 2022 : Pasar Raya, Pasar Lubuk Buaya, Pasar Siteba Kota Padang.

"Saat ini, kita meresmikan 4 pasar sekaligus yang S.I.A.P QRIS yaitu Pasar Atas, Pasar Bawah dan Pasar Aur Kuning Bukittinggi serta Pasar Serikat C Batusangkar di Kabupaten Tanah Datar," ungkap Wahyu.

Dengan peresmian S.I.A.P QRIS ini, urai dia, mengindikasikan bahwa ekosistem pembayaran non tunai pada pasar tersebut telah berkembang jadi lebih digital yaitu dengan menerima metode pembayaran melalui scan QRIS menggunakan aplikasi digital payment pada handphone dan jadi metode utama yang perlu didorong penggunaannya.

"Kami harap, peresmian ini jadi langkah awal kita untuk secara bersama dan konsisten mendukung pelaksanaan transaksi non tunasi di pasar sekaligus mendorong perekonomian di pasar rakyat," ungkapnya.

Baca juga: Erman Safar Kembalikan Berkas Bacalon Wako Bukittinggi ke Partai Nasdem

Wahyu juga berterima kasih pada wali kota Bukittinggi, bupati Tanah Datar, Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Bukittinggi, Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Tanah Datar, asosiasi pedagang dan segenap anggotanya serta perbankan khususnya Bank Nagari, dengan segala dukungannya dalam rangka pelaksanaan program S.I.A.P QRIS di keempat pasar ini dengan sosialisasi, onboarding QRIS kepada para pedagang hingga teknis pelaksanaan kegiatan ini.

Diketahui, pasar memegang peran penting dalam perekonomian. Tidak hanya sebagai tempat bertemunya pedagang dan pembeli, tempat yang menjual kebutuhan pokok, namun pasar menjadi salah satu indikator perkembangan ekonomi di suatu daerah dan tempat perputaran uang dalam jumlah yang besar.

Meskipun saat ini telah banyak aplikasi e-commerce yang mendukung jual-beli barang secara online, namun peran pasar tidak tergantikan. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya peran pasar bagi perekonomian. (vri)

Halaman:
1 2

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: