Tabungan Utsman Selamatkan 1.290 Warga dari Jerat Rentenir

Jumat, 07 Oktober 2022, 13:40 WIB | Bisnis | Kota Bukittinggi
Tabungan Utsman Selamatkan 1.290 Warga dari Jerat Rentenir
Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar.

"Alhamdulillah, tidak ada kredit macet dari nasabah yang memanfaatkan Tabungan Utsman. Margin dan biaya lainnya ditanggung pemko 100 persen."

Kita bantu penuhi kebutuhan modal UMKM melalui penyediaan modal syariah tanpa riba. Masyarakat dapat menabung untuk pembayaran cicilan pokok setiap hari. Berapa yang dipinjam segitu yang dibayarkan," jelasnya.

Tabungan Utsman merupakan program kolaborasi antara Pemko dengan BPRS Jam Gadang. Tabungan Utsman diluncurkan untuk membantu masyarakat dalam pemulihan ekonomi warga.

Baca juga: Tabungan Utsman Antarkan Erman Safar dan BPRS Jam Gadang Borong Penghargaan Nasional

"Tabungan Utsman dibuat dengan dasar tingginya tingkat kebutuhan UMKM terhadap modal. Banyak rentenir yang memanfaatkan kebutuhan pelaku usaha itu, namun ada riba di dalamnya."

"Untuk itu, kami mengajukan anggaran ke DPRD Bukittinggi, agar Tabungan Utsman dapat direalisasikan," jelas Erman Safar.

Dia menjelaskan, Tabungan Utsman ini sistemnya masyarakat menabung dan bisa menerima pinjaman dimuka, dengan akad pinjaman syariah. Tidak ada riba di dalamnya, karena nasabah akan menabung cicilan pokoknya saja setiap hari.

"Seluruh biaya ditanggung pemko melalui APBD Bukittinggi. Jika peminjaman tentu ada marginnya. Tapi margin tersebut akan dibayarkan pemerintah."

"Intinya, semua biaya yang ditimbulkan akan ditanggung Pemko Bukittinggi. Jika ada kelebihan pembayaran, tidak akan dimanfaatkan BPRS, tapi langsung masuk tabungan nasabah secara otomatis. Dengan adanya Tabungan Utsman, berhentilah meminjam ke rentenir," ungkap dia.

Tabungan Utsman, pembiayaan tanpa biaya, tanpa agunan, menjadi produk unggulan Pemko Bukittinggi bersama BPRS Jam Gadang. Tabungan Utsman dilaunching untuk membantu permodalan masyarakat pada Rabu 23 Maret 2022. (ham)

Halaman:
1 2

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: