Wagub Sumbar Luncurkan 50 Desa Wisata Agro di Kubu Gadang

Selasa, 13 September 2022, 20:20 WIB | Wisata | Kota Padang Panjang
Wagub Sumbar Luncurkan 50 Desa Wisata Agro di Kubu Gadang
Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy meluncurkan 50 Desa Wisata Agro Sumbar, di Desa Wisata Kubu Gadang, Kelurahan Ekor Lubuk, Kecamatan Padang Panjang Timur (PPT), Selasa. (kominfo)

"Baru pertama di Indonesia, provinsi yang punya program ini. Ke depan tentu perlu kerjasama, tidak hanya pemerintah tetapi juga swasta, akademisi dan media untuk mempromosikan desa wisata agro ini," tambahnya.

Pihaknya berharap, ke depan Desa Wisata Agro ini terus bangkit, berkembang dan bisa jadi contoh bagi provinsi lainya di Indonesia.

Sementara itu, Fadly menyampaikan rasa syukur lantaran Kota Padang Panjang khususnya Desa Wisata Kubu Gadang dipilih sebagai tuan rumah Launching Desa Wisata Agro ini.

Baca juga: Cabor Petanque Bakal Dilombakan di Porprov 2023, Fadly Amran: Semoga jadi Penyumbang Emas

"Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan ninik mamak, tokoh muda, pengelola serta semua pihak yang sudah menggerakan Desa Wisata Kubu Gadang seperti saat ini," ucapnya.

Sementara, Luhur Budianda menyebutkan, sektor pariwisata merupakan salah satu program unggulan Pemprov Sumbar.

"Oktober nanti akan ada pendampingan terhadap 20 Desa Wisata Agro oleh Tim Percepatan Pembangunan Daerah (TP2D) Sumbar. Mudah-mudahan akan berdampak ekonomi bagi masyarakat dan desa itu sendiri," terangnya.

"Terdapat empat kategori Desa Wisata Agro ini yaitu rintisan, berkembang, maju dan mandiri," paparnya.

Dalam kegiatan ini turut diisi pertunjukan seni Wonderful of Kubu Gadang dari siswa SMPN 3 Padang Panjang, Silek Lanyah, Pasar Kuliner Saisuak dan rilis theme song Kubu Gadang persembahan Ajo Wayoik dari Tim Sanak 8. (kyo)

Halaman:
1 2