Antisipasi Kecurangan di Pindah Memilih, Hadar: KPU Terbitkan Form Daftar Hadir

Minggu, 25 Oktober 2015, 11:28 WIB | Wisata | Nasional
Antisipasi Kecurangan di Pindah Memilih, Hadar: KPU Terbitkan Form Daftar Hadir
Ketua KPU, Husni Kamil Manik, saat membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemungutan, Penghitungan, Rekapitulasi dan Penetapan Hasil Pilkada, di Balikpapan, Sabtu (24/10/2015). Dikesempatan itu, Husni mengingatkan, KPU harus memberikan fasilitasi yang sama kep
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews -- KPU mengantisipasi kemungkinan kecurangan pada kasus pindah memilih pada pemilihan serentak 2015 yang pencoblosannya 9 Desember 2015. Instrumen yang digunakan yaitu, mengeluarkan formulir C7 di TPS. Formulir C7 itu untuk daftar hadir memilih, sehingga petugas KPPS 3 tidak perlu menandai lagi.

"Formulir C7 itu bisa untuk mengantisipasi penyalahgunaan memilih, dan itu yang akan menjadi daftar akurat yang menjadi pegangan dalam pertanggungjawaban proses kerja ini,' ungkap Komisioner KPU RI, Hadar Nafis Gumay dalam paparannya pada kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemungutan, Penghitungan, Rekapitulasi dan Penetapan Hasil Pilkada 2015, Sabtu (24/10/2015) di Balikpapan.

Diharapkan Hadar, KPU ingin masyarakat dapat mengontrol proses kerja dari petugas paling bawah, termasuk seperti pada pemilu 2014 dengan melakukan publikasi C1. Sehingga, masyarakat bisa melihat hasil pemungutan suara dengan cepat per-TPS.

"KPU juga sedang mengkaji kemungkinan publikasi hasil rekapitulasi dengan scan dan uploading seperti halnya C1," papar Hadar, dikutip dari siaran pers KPU RI.

Baca juga: Batas Akhir Pindah Memilih 15 Januari 2024, Lokasi Nyoblosnya Ditentukan KPU, Ini Dokumen dan Syaratnya

Hadar juga mengharapkan adanya antisipasi praktek jual beli C6, karena pada dasarnya C6 itu hanya bentuk pemberitahuan. Untuk itu, apabila ada C6 yang tidak sampai ke pemilih, harus segera kembali ke PPS paling lambat satu hari sebelum hari pemungutan suara. (kyo)

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: