Pastikan Terus Memakai Masker

Kamis, 22 Oktober 2015, 22:59 WIB | News | Kota Padang
Pastikan Terus Memakai Masker
Kepala Bapedalda Padang, Edi Hasyimi bersama Eka Lusti (kepala dinas kesehatan), berdialog dengan pendengar RRI Padang, seputar kabut asap yang makin pekat menyelimuti udara ibu kota provinsi Sumbar ini, Kamis (22/10/2015) pagi. (humas)

VALORAnews - Kepekatan kabut asap di Kota Padang, dua hari belakangan ini semakin meningkat. Hal ini membuat Pemerintah Kota Padang terus melakukan imbauan dan ajakan ke masyarakat. Yakni tetap mengenakan masker selama beraktivitas di luar rumah.

Imbauan Pemko Padang ini disampaikan Kepala Badan Penanggulangan Dampak Lingkungan Daerah (Bapedalda) Setdako Padang, Edi Hasymi bersama Eka Lusthi (Kepala Dinas Kesehatan) di RRI Padang, Kamis (22/10/2015).

"Pemko Padang lebih ke upaya antisipasi. Pastikan seluruh anak sekolah dan masyarakat lainnya untuk memakai masker," kata Edi dalam dialog interaktif itu.

Edi mengajak seluruh perangkat pemerintahan hingga jajaran terendah, untuk peduli dengan kabut asap. Seluruh camat diharapkan untuk mendatangi sekolah-sekolah, untuk memastikan anak sekolah memakai masker.

Baca juga: BANJIR PESSEL: Dinkes Bagikan Masker ke Masyarakat

"Selama ini masih banyak masyarakat yang abai, tidak memakai masker saat ke luar ruangan. Kita sebagai aparatur pemerintah, wajib memberikan imbauan ke masyarakat dan itu terus kita lakukan," katanya.

Sejak kabut asap melanda Indonesia, termasuk Kota Padang, pemko terus menunjukkan kepedulian terhadap kesehatan masyarakat. Mulai dari mengajak masyarakat mengenakan masker hingga ajakan dan imbauan yang disampaikan lewat radio dan media massa lainnya.

Edi membenarkan jika kepekatan kabut asap di Padang beberapa hari ini mengalami fluktuasi. Terkadang cukup tebal, tetapi di lain waktu menipis. Pada Kamis (22/10/2015) pagi kepekatan asap sedikit tebal dari sebelumnya.

"Kita terus mengukur. Jarak pandang pada hari ini (Kamis-red) memang agak pendek dari hari kemarin. Antisipasinya kita mengimbau masyarakat banyak mengonsumsi air putih, sayur dan buahan, mengurangi aktifitas di luar ruangan bila tidak perlu, lindungi air minum dari asap dan debu, serta mencuci makanan terutama buah dan sayur sebelum dikonsumsi," terangnya.

Baca juga: Ini Tiga Poin Imbauan Disdikbud Agam Terkait Kabut Asap

"Kemudian meningkatkan kewaspadaan di jalan raya karena menurunnya jarak pandang, dan lebih utama lagi jangan membakar sampah. Mengenakan masker tidak hanya di luar ruangan, tetapi juga di dalam ruangan," timpalnya. (vri)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: