Delima, Buah-buahan dari Sorga yang ada di Bumi, Simak Segudang Manfaatnya bagi Kesehatan

Selasa, 16 Agustus 2022, 19:33 WIB | Kuliner | Nasional
Delima, Buah-buahan dari Sorga yang ada di Bumi, Simak Segudang Manfaatnya bagi Kesehatan
Buah Delima

Ed Stover dan Eric W Mercuredalam artikelnya, "The Pomegranate: A New Look at the Fruit of Paradise," mencontohkan, masyarakat Amerika Serikat sampai kini masih menyebut delima sebagai seedy apple, 'apel yang berbiji banyak.'

Dalam bahasa Prancis, terjemahan delima adalah grenade, sehingga tidak beda daripada granat tangan (bahasa Inggris: grenade). Buah tersebut memang menyerupai bentuk granat.

Dalam bahasa Spanyol, delima adalah granada, yang mengingatkan kita pada salah satu pusat kosmopolitan di Andalusia, kota Granada. Di sanalah lokasi istana Alhambra, yang tercatat sebagai situs warisan dunia versi UNESCO.

Baca juga: Target Syamsuar, Riau jadi Rujukan Pengambilan Sanad Bacaan Al Quran

Penyebutan delima dalam bahasa Spanyol mungkin karena Granada sebagai sentra perniagaan dibanjiri pelbagai komoditas, termasuk buah tersebut.

Sebuah teori juga menyebut bahwa buah yang kaya serat ini berasal dari daerah Persia (Iran) ribuan tahun silam. Di sana, namanya lebih dikenal sebagai anar. Bangsa Iran telah membuat kebun-kebun delima setidak-tidaknya sejak 3.000 tahun SM.

Manfaat Delima

Salah satu manfaat delima adalah, memiliki antioksidan yang tinggi. Jenis antioksidan yang terkandung di dalamnya adalah flavonoid.

Antioksidan tersebut dapat efektif menangkal berbagai radikal kanker. Bukan hanya itu, mengonsumsi delima secara rutin, juga bisa membantu menjaga keseimbangan kalium dan natrium dalam tubuh.

Flavonoid adalah salah satu jenis antioksidan yang banyak terkandung dalam cokelat. Antioksidan itu sendiri bekerja menangkal radikal bebas dalam tubuh.

Radikal bebas ditengarai sebagai penyebab berbagai penyakit kronis. Penasaran apa saja manfaat flavonoid, dan dari mana saja Anda bisa mendapatkan antioksidan ini?

Berikut ulasannya.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: