Ratusan Warga dan Mahasiswa Tuntut Tambang Emas Hulu Batang Batahan Ditutup

Sabtu, 13 Agustus 2022, 00:30 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pasaman Barat
Ratusan Warga dan Mahasiswa Tuntut Tambang Emas Hulu Batang Batahan Ditutup
Para pendemo saat meminta bertemu langsung dengan Bupati Pasaman Barat untuk menyampaikan tuntutan, namun Bupati tidak di tempat, kabarnya sedang di Jakarta. (istimewa)

Mendesak Bupati Pasaman Barat dan pihak berwajib membentuk tim khusus untuk melakukan investigasi terkait dugaan aktivitas illegal mining dan illegal logging.

Meminta Bupati dan aparat penegak hukum untuk menindak tegas aktor-aktor atau dalang yang melakukan aktivitas illegal loging dan illegal mining di hulu Sungai Batang Batahan dan Batang Taming.

Mendesak Bupati agar pelaku tambang ilegal mining dan illegal logging mengganti rugi materil dan biaya pemulihan lingkungan serta aliran sungai kepada masyarakat yang terdampak.

Baca juga: Motocross & Grasstrack RRT Air Haji Open 2024 Perebutkan Hadiah Total Rp60 Juta

Meminta Bupati untuk segera menproses penerbitan surat pemberhentian aktivitas perusakan lingkungan yang di Ranah Batahan khususnya, Kabupaten Pasaman Barat pada umumnya.

Mendesak Pemerintah Daerah agar benar benar serius dalam menjaga kelestarian lingkungan di Pasaman Barat, khususnya Ranah Batahan.

Mendesak pemerintah agar benar-benar serius dalam pencegahan dini terhadap pemukiman warga yang terdampak banjir setiap musim hujan dengan membangun drainase.

"Tuntutan kami ini agar direalisasikan dalam waktu selambat-lambatnya 7 x 24 jam," kata Dedi.

Koordinator aksi juga mengklaim pihaknya akan terus bertahan dan terus melakukan aksi, sampai ada jawaban dari Bupati Pasaman Barat.

"Hari ini, kita akan tunggu jawaban dari Bupati, sebelum ada jawaban kita tidak akan pulang, kalau tidak kita juga akan melakukan aksi serupa dengan massa yang lebih banyak," kata Dedi.

Sementara itu, Bupati Pasaman Barat Hamsuardi melalui Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Pasaman Barat, Jhon Hendri mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi dan menyambut baik aksi ini.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: