Jemari Sakato Gelar Pelatihan Dukungan Psikososial dalam Menyiapkan Tenaga Pendidik Siaga Bencana

Sabtu, 16 April 2022, 17:42 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pasaman Barat
Jemari Sakato Gelar Pelatihan Dukungan Psikososial dalam Menyiapkan Tenaga Pendidik Siaga...
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pasaman Barat, Agusli foto bersama dengan peserta pelatihan Dukungan Psikososial untuk Tenaga Pendidik di Nagari Kajai, Kecamatan Talamau, 12 April 2021 lalu. Pelatihan ini diikuti 32 orang peserta yang berasal dari

Kegiatan hari kedua, membahas modul kegiatan dukungan psikososial untuk anak dalam situasi darurat, sedangkan Kegiatan hari terakhir membahas bagaimana menghadapi pertanyaan sulit dan mengenal ice breaker dalam kegiatan dengan anak. Karena berhadapan dengan anak, kita tidak hanya belajar saja, materi saja, ceramah saja, namun juga ada bermainnya agar anak bisa aktif sehingga kebutuhan perkembangan dan belajarnya terpenuhi, begitu lanjut Fajar.

Dukungan Psikososial tidak hanya untuk anak tetapi menyasar kesemua pihak. Tenaga pendidik sebagai perwakilan dari sekolah, dengan harapan mempunyai kelebihan dalam menggabungkan materi trauma healing kedalam materi ajar.

"Peran Tenaga Pendidik sangat penting sebagai pemberi dampak positif bagi kesehatan mental siswa kedepannya. Karena seseorang hidup tidak hanya ditentukan oleh psikologis saja namun juga lingkungan sangat memengaruhi bagaimana anak berpendapat, berpikir dan lainya," ungkap Fajar.

Baca juga: Jemari Sakato Gelar Lokakarya Kemitraan Praktek Baik Respon Tanggap Darurat dan Kebijakan Pemerintah

Oleh karena itu, Fajar mengharapkan, tenaga pendidik bisa menjadi pelatih dan dapat menyampaikan serta membimbing guru-guru lain dalam menyusun materi ajar disekolah dalam rangka menerapkan kurikulum pasca bencana karena pendidikan tidak boleh ambruk dan menjadi terhenti.

Beberapa hal yang dihasilkan dari pelatihan ini antara lain; terbangunnya pemahaman kepada tenaga pendidik mengenai konsep dukungan psikososial. Kemudian, meningkatnya kapasitas tenaga pendidik mengenai dukungan psikososial yang akan diberikan kepada siswa.

Selanjutnya, tersusunya rencana tindak lanjut untuk implementasi kedalam proses PBM. Harapannya dengan pelatihan ini guru-guru yang dilatih bisa menjadi penerus kegiatan pychosocial support disekolah-sekolah maupun ditempat yang membutuhkan psychosocial support nantinya.

JEMARI Sakato merupakan lembaga nirlaba yang bekerja dan fokus pada isu tata kelola pemerintahan, perencanaan dan penganggaran yang terintegrasi dan juga terlibat dalam agenda-agenda kemanusiaan untuk respon bencana di beberapa wilayah di Indonesia.

Paska musibah gempa bumi Pasaman Barat Februari 2021, JEMARI Sakato bersama Save The Children telah bekerjasama sejak masa tanggap darurat hingga saat ini. Kerjasama ini dalam rangka memberikan dukungan bagi Pemkab Pasaman Barat dalam berbagai bentuk dukungan mulai dari asesmen awal, tanggap darurat dan saat ini dalam masa proses transisi pemulihan kearah yang lebih baik. (kyo)

Halaman:
1 2

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: