Dompet Dhuafa Bangun Dapur Umum, PFA dan Rumah Sakit Lapangan untuk Korban Gempa

Jumat, 04 Maret 2022, 15:20 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pasaman Barat
Dompet Dhuafa Bangun Dapur Umum, PFA dan Rumah Sakit Lapangan untuk Korban Gempa
Dompet Dhuafa Singgalang dan Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa dirikan Dapur Umum untuk penyintas gempa bumi Pasaman Barat di Kampung Tangah Kajai, Desa Jorong Pasa Lamo, Kecamatan Talamau, Sabtu.

PASAMAN BARAT (26/2/2022) - Dompet Dhuafa Singgalang dan Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa mendirikan Dapur Umum untuk penyintas gempa bumi Pasaman Barat tepatnya di Kampung Tangah Kajai, Desa Jorong Pasa Lamo, Kecamatan Talamau, Sabtu.

Sebanyak 300 penerima manfaat terbantu dengan kehadiran Dapur Umum DMC Dompet Dhuafa di lokasi itu.

"Ketika gempa terjadi, Masyarakat berhamburan ke luar lapangan bola. Masyarakat langsung mendirikan tenda darurat dengan peralatan seadanya," jelas Nanda (23), salah seorang warga terdampak, seusai menikmati menu makanan Dapur Umum DMC Dompet Dhuafa.

Selain Dapur Umum, tim mengadakan Psychological First Aid (PFA) di Posko Dompet Dhuafa yang beralamat di Kampung Tangah Kajai.

Baca juga: PEMKAB PESSEL Dapat Bantuan 2 Unit Kendaraan Dapur Umum dari BNPB

Sebanyak 20 anak-anak dan beberapa remaja, tampak antusias menyimak kegiatan ini sebagai bagian untuk pemulihan trauma akibat gempa yang dirasakan anak-anak.

Noval (12), siswa Kelas VI SDN Nagari Kajai bercerita betapa dahsyatnya goncangan yang ia rasakan. "Saat itu, saya sendirian di sekolah," ungkapnya.

Kondisi lebih menggoncang lagi, ketika Noval pulang ke rumah, menyaksikan rumahnya roboh, telah rata dengan tanah.

"Mengganti baju saja tidak berani pulang. Karena masih takut ada gempa lagi," pungkas Noval.

Baca juga: BANJIR PESSEL: Polres dan Sat Brimob Polda Sumbar Buka Dapur Umum di Tarusan

Kini, Noval bersama orangtua dan keluarganya beserta ratusan pengungsi lain, harus bertahan di tenda pengungsian mengingat pengalaman yang lalu.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: