BI dan BMPD Sumbar Salurkan 3 Tahap Bantuan ke Pasaman Barat dan Pasaman

Kamis, 03 Maret 2022, 23:40 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
BI dan BMPD Sumbar Salurkan 3 Tahap Bantuan ke Pasaman Barat dan Pasaman
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Barat sekaligus Ketua BMPD Provinsi Sumatera Barat, Wahyu Purnama menyerahkan secara simbolis bantuan untuk korbang gempa pada Ketua DPRD Pasaman Barat, Yulianto. (veby riki yanto)

PASAMAN BARAT (3/3/2022) - Bank Indonesia (BI) bersama Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) berinisiatif menggalang bantuan/donasi dari pegawai melalui IPEBI (Ikatan Pegawai Bank Indonesia) dan Bantuan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) untuk berkontribusi dalam meringankan beban masyarakat korban bencana.

"Dinasi ini sebagai bentuk kepedulian pada masyarakat yang terdampak gempa bumi di Pasaman Barat dan sekitarnya pada 25 Februari 2022 lalu," ungkap Kepala BI Sumbar, Wahyu Purnama A dalam siaran pers yang diterima, Kamis.

Bantuan ini disalurkan dalam tiga tahap. Penyaluran tahap satu telah dilaksanakan pada 26 Februari 2022 di Posko Tanggap Bencana, Kantor Bupati Pasaman Barat. Diserahkan langsung Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia, Dadang Arif Kusuma senilai Rp124,2 juta.

Bantuan itu berupa sembako, terpal dan tikar, selimut dan kain sarung, makanan siap saji, kebutuhan perlengkapan bayi, makan/bubur bayi, air minum, 2 ton beras dan obat-obatan yang diterima langsung oleh Bupati Pasaman Barat, Hamsuardi.

Baca juga: Risnawanto: Pencairan Bantuan BNPB Mesti Merujuk Prosedur

Penyaluran tahap dua dilaksanakan pada 3 Maret 2022 di dua lokasi. Di antaranya Posko Tanggap Bencana Kabupaten Pasaman (Tigo Nagari) dan Posko Tanggap Bencana, Kantor Bupati Pasaman Barat senilai total Rp229 juta rupiah.

Berupa bahan makanan untuk dapur umum, terpal dan tikar, kebutuhan bayi (popok, minyak telon, susu, makanan, bedak), diapers orang tua, makanan siap saji dan air mineral serta penyediaan dapur keliling, family kit, baby & mommy kit, hygiene kit.

Bantuan ini diserahkan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Barat sekaligus Ketua BMPD Provinsi Sumatera Barat, Wahyu Purnama pada Bupati Pasaman Barat, Hamsuardi.

Selanjutnya, penyaluran tahap tiga, direncanakan pada pertengahan Maret 2022 di Kabupaten Pasaman dan Pasaman Barat.

Baca juga: BRI Cairkan Sisa Saldo di 28 Rekening Penerima Bantuan Gempa Pasaman Barat

Total Bantuan yang terkumpul untuk disalurkan adalah sebesar Rp456.261.183 dengan rincian Rp356,261 Juta berasal dari donasi BMPD Sumatera Barat, BMPD Sumatera Utara, BMPD Pematang Siantar, BMPD Bengkulu, BMPD Kepulauan Riau, BMPD Bangka Belitung, IPEBI Pusat, IPEBI Komisariat Padang, Pegawai Departemen Regional dan Pegawai Bank Indonesia Sumatera Utara.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: