Kapsul Waktu Diserahkan, Tapal Batas Jambi-Sumbar jadi Pekerjaan Rumah

Selasa, 06 Oktober 2015, 13:59 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
Kapsul Waktu Diserahkan, Tapal Batas Jambi-Sumbar jadi Pekerjaan Rumah
Koordinator Daerah Sumbar Hendri Irawan tandatangani berita acara penyerahan Kapsul Waktu ke Panitia Daerah Jambi di Pendopo Bupati Bungo, Selasa (6/10/2015). (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Tokoh masyarakat Rantau Ikil, kabupaten Muaro Bungo, Jambi, terlihat kebingungan saat ditanya oleh Tim Ekspedisi Kapsul Waktu Sumbar (EKW) 2085 tentang garis batas dua provinsi bertetangga ini. Namun, hal itu tak mengurangi sambutan meriah yang dilakukan warga setempat, menyambut resolusi yang memasuki provinsi ke lima di Sumatera itu

"Kami ini bingung soal batas Jambi-Sumbar ini. Adanya rombongan ekspedisi waktu yang katanya menampung resolusi dan aspirasi masyarakat dari Sabang sampai Merauke ini, tolong juga sampaikan ke pemerintah dan jelaskan soal status perbatasan ini pak. Daerah tempat kami bermukim sepanjang 500 meter ini, diakui oleh dua provinsi. Kami bingung, apakah warga Jambi atau Sumbar," ujar Uda Lis, saat berdialog ringan dengan Tim EKW Sumbar.

Selain itu, tearngnya, masyarakat yang tinggal di jalur tersebut, selalu mengalami kesulitan dalam birokrasi. "Kami harus mengurus dua KTP. Selain itu, kedua provinsi sama-sama memungut PBB pada kami. Berat juga jadi warga diakui dua provinsi ini," ujarnya.

Ketika memasuki daerah perbatasan ini, ada dua gapura selamat datang dari provinsi Jambi dan Sumbar yang berjarak sekitar 500 meter. Kabarnya, konflik tapal batas Sumbar-Jambi ini, telah berusia 43 tahun.

Baca juga: PILKADA 2024: Di Pessel, Pemilih Berkurang 555 Orang di DPT

Menurut Ketua Panda EKW 2085 Sumbar, Hendri Irawan, resolusi warga di perbatasan merupakan mimpi yang harusnya tidak mesti menunggu 2085.

"Tidak perlu sampai 2085, kedua provinsi harus memiliki political will segera, untuk menyelesaikan masalah tapal batas ini. Wajar saja warga mengeluh dan bingung. Ini jadi aspirasi prioritas yang kita sampaikan ke pemerintah pusat," ujar Hendri.

Tepat pukul 11.50 WIB, Kapsul Waktu sampai di Pendopo Bupati Bungo. Di pendopo itu, Hendri Irawan menandatangani penyerahan Kapsul Waktu berisi lima resolusi masyarakat dari Aceh, Sumut, Riau, Kepri dan Sumbar, kepada Koordinator Ekspedisi Kapsul Waktu 2085, Dwi.

"Tugas sudah selesai. Selanjutnya, kawan-kawan Jambi melanjutkan misi Ekspedisi Kapsul Waktu ini," ujar Hendri. (relis)

Baca juga: PILKADA 2024, BAWASLU: Masyarakat jangan Takut Melaporkan Kecurangan

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: