Wisata ke Kawasan Mandeh, Dubes Saudi: Banyak Potensi Investasi di Sumatera Barat

Senin, 31 Januari 2022, 22:17 WIB | Bisnis | Kab. Pesisir Selatan
Wisata ke Kawasan Mandeh, Dubes Saudi: Banyak Potensi Investasi di Sumatera Barat
Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Syeikh Essam Abed Al-Thaqafi bersama Audy Joinaldy (Wagub Sumbar), Rusma Yul Anwar (Bupati Pessel), disambut di objek wisata Mandeh, Senin. (humas)

PAINAN (31/1/2022) - Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Syeikh Essam Abed Al-Thaqafi tinjau potensi Kabupaten Pesisir Selatan pada hari ketiga kunjungan kerjanya di Sumatera Barat, Senin. Syeikh Essam dan rombongan berangkat menuju Kota Painan bersama Audy Joinaldy (Wagub Sumbar) melalui jalur laut.

Rombongan Syeikh Essam bertolak dari Dermaga Pol Air Bungus, Padang, menuju Kawasan Mandeh di Pesisir Selatan. Kawasan Mandeh merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di Sumatera Barat.

Kedatangan Syeikh Esam di Pesisir Selatan, disambut hangat Bupati Pessel, Rusma Yul Anwar dan Rudi Hariyansyah (Wakil Bupati). Pada kesempatan itu, Syeikh Essam mendengarkan paparan peluang investasi di sektor pariwisata, yang kini mulai menunjukkan geliatnya.

Syeikh Esam mengatakan, terkesan dengan keindahan alam Kawasan Mandeh. Secara pribadi, dia menyampaikan, melihat begitu banyak peluang investasi yang bisa dilakukan di Sumbar. Menurutnya, hubungan baik antara Pemerintah Sumbar dan Kerajaan Arab Saudi selama ini, jadi modal bagi investasi ke depan.

Baca juga: Wali Kota Padang Merasa Senang Disinggahi Dubes Arab Saudi

Dia menjelaskan, pihaknya telah membicarakan rencana kedatangan delegasi investor dan pelaku bisnis asal Saudi, untuk meninjau langsung potensi investasi di Sumbar bersama Gubernur Sumbar, Mahyeldi pada pertemuan sebelumnya.

"Akan datang delegasi investor dan pebisnis dari Saudi, dalam waktu dekat. Kita akan meminta waktu mereka agar mengunjungi Sumbar," ujarnya melalui penerjemah.

Ia juga meminta Pemprov Sumbar, menyiapkan tim kajian ekonomi dan pariwisata. Kalau perlu, datang ke Jakarta, seandainya investor Saudi yang direncanakan, terkendala berkunjung ke Sumbar.

"Seandainya tidak bisa hadir ke Sumatera Barat, kita berharap dapat meminta tim ekonomi dan pariwisata Sumbar untuk datang ke Jakarta. Pertemuan antara pelaku bisnis antar kedua negara ini sangat penting, karena mereka lah nanti yang akan menentukan," ungkapnya.

Baca juga: Atase Agama Kedubes Arab Saudi Kunjungi Lokasi Pembangunan Masjid Agung Payakumbuh

Sementara itu, Audy Joinaldy mengatakan, sektor pariwisata sudah mulai kembali bangkit seiring semakin membaiknya situasi pandemi. Sehingga, potensi pertumbuhan wisata di Sumbar yang masih sangat besar merupakan peluang investasi di yang menjanjikan bagi para investor.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: