Warga RT 07 Bersihkan Lingkungan Jelang Program Subuh Mubarakah Wako Padang

Minggu, 30 Januari 2022, 22:13 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang
Warga RT 07 Bersihkan Lingkungan Jelang Program Subuh Mubarakah Wako Padang
Salah seorang warga RT 07 RW 01 Komplek Permata Surau Gadang, Kelurahan Surau Gadang, Kecamatan Nanggalo, memasukan sampah kiriman yang masuk pemukiman melalui saluran buang irigasi teknis sawah Surau Gadang, Ahad siang.
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

PADANG (30/1/2022) - Hujan lebat yang mengguyur Kota Padang Ahad dinihari, jadikan pemukiman warga di RT 07 RW 01 Komplek Permata Surau Gadang, tergenang air yang berasal dari saluran buang irigasi teknis hamparan sawah di daerah Surau Gadang, Kecamatan Nanggalo.

Dua hari sebelumnya, Ketua RT 07 RW 01 Kelurahan Surau Gadang, Okrinaldi telah melayangkan undangan ke warga, untuk melaksanakan gotong royong bersih lingkungan, jelang kedatangan Wali Kota Padang, Hendri Septa dalam program Subuh Mubarakah, Jumat (4/2/2022) depan.

"Subuh Mubarakah ini rencananya akan digelar di Mushalla Ali bin Said Komplek Permata Surau Gadang. Qadarullah, hujan lebat di Ahad dinihari sedikit menghambat proses Goro karena air menggenangi jalanan pemukiman. Alhamdulillah-nya, sampah kiriman akibat banjir ini, bisa langsung dibersihkan," ungkap Sekretaris RT 07 RW 01 Kelurahan Surau Gadang, Fitra Mulia St Sati, disela Goro.

Dikatakan Fitra, pemukiman warga di RT 07 RW 01 ini telah jadi langganan banjir sejak 2017 lalu. Salah satu pemicunya, saluran irigasi di hamparan sawah Surau Gadang ini dibangun permanen. Akibatnya, air berikut sampah mengalir lancar.

Baca juga: Arif Kurnia Serasa Bermimpi Bisa Tidur di Rumah Wali Kota Padang

"Saluran buang irigasi masuk ke dalam pemukiman. Lebar saluran irigasi dan drainase di pemukiman yang berbeda, serta sampah yang menyumbat gorong-gorong, mengakibatkan air selalu meluap setiap kali hujan lebat atau pintu air dibuka," ungkap Fitra.

Menjelang Ahad siang, kegiatan Goro sudah menyelesaikan selokan dan sampah di jalan utama mulai dari 'jalan masuk' PSG hingga ke Jalan menuju Mushala Ali bin Said yang terletak di ujung Blok G-H.

Sekretaris RT didampingi Bendahara Zulfahmi berharap, sampah dan sedimen yang sudah diangkat dan dimasukkan ke dalam karung itu, bisa dieksekusi ke TPA Selasa (1/2/2022).

"Hari Selasa, almanak merah bertepatan dengan Hari Raya Imlek. Jadi kita upayakan mengangkat hasil goro ini di hari itu," timpal Zulfahmi. (kyo)

Baca juga: Wali Kota Padang Serahkan Bantuan Paket Sembako Bagi Warga Kecamatan Padang Selatan

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: