Nevi Zuairina Serap Aspirasi Wali Nagari Terpilih di Agam

Senin, 24 Januari 2022, 18:24 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
Nevi Zuairina Serap Aspirasi Wali Nagari Terpilih di Agam
Anggota Fraksi PKS DPR RI, Hj Nevi Zuairina usai berdialog dengan sejumlah wali nagari terpilih di Agam, Sabtu.

AGAM (24/1/2022) - Anggota DPR RI asal Sumatera Barat II, Hj Nevi Zuairina bersilaturahmi dengan para wali nagari terpilih dan melakukan dialog berbagai tema dari mulai perkenalan hingga membahas pembangunan kawasan-kawasan potensial di Kabupaten Agam.

"Pertemuan dengan para wali nagari di Agam ini, dalam rangka perencanaan pembangunan pada masa yang akan datang. Hal-hal yang bisa dikerjasamakan termasuk menyerap aspirasi-aspirasi, akan jadi bahan kami pada masa persidangan yang saat ini terus berlangsung hingga akhir Februari, sebelum masuk masa reses," tutur Nevi dalam pertemuan yang digelar pada moment rutin akhir pekan, turun lapangan ke daerah pemilihan.

Diketahui, Pemkab Agam telah melantik 25 wali nagari definitif hasil dari pemilihan wali nagari (Pilwana) serentak yang digelar secara e-voting atau pemungutan suara berbasis elektronik, medio September 2021 lalu.

Pelantikan wali nagari tersebut dilaksanakan di Balairung Rumah Dinas Bupati Agam di Lubuk Basung, 15 Desember 2021 lalu. Para wali nagari ini, tentu saja tokoh kunci yang akan menentukan arah perubahan di daerah yang dipimpinnya.

Baca juga: Rayakan HUT ke76 dengan PPKS, Hassanudin: Sumut Milik Kita Semua

Di mata Nevi, Kabupaten Agam memiliki spot-spot wilayah atau daerah yang dapat dikembangkan sesuai potensinya. Kabupaten ini dilalui wilayah pegunungan yang terbentuk dari 2 jalur basin.

Kabupaten Agam memiliki garis pantai sepanjang 43 km dan sungai berukuran kecil yang bermuara di Samudera Hindia, seperti Batang Agam, dan Batang Antokan.

Lebih dari 38,1% luas kabupaten ini, atau sekitar 85 km merupakan daerah yang masih ditutupi hutan lebat.

Nevi melanjutkan, Kabupaten Agam akan dapat menemukan potensi-potensinya yang tersebar di 16 kecamatan dan 82 nagari, dimana Luas wilayahnya mencapai 1.804,30 km dan penduduk 524.906 jiwa berdasar sensus penduduk 2017.

Baca juga: Pemilu 2024, Nasdem Pecah Telor, Langsung Rebut 2 Kursi di Dapil Sumbar I

"Di masa yang akan datang, sinergi pusat dan daerah akan dapat mempercepat proses pembangunan baik sarana fisik maupun ilmu pengetahuan," terangnya.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: