Wako Padang Paparkan Rencana RDF ke Direktur Pengelolaan Sampah dan Ketum ABSI

Rabu, 19 Januari 2022, 11:05 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang
Wako Padang Paparkan Rencana RDF ke Direktur Pengelolaan Sampah dan Ketum ABSI
Wako Padang, Hendri Septa dan jajaran berdialog dengan Direktur Pengelolaan Sampah Ditjen PSLB3 KLHK.RI, Novrizal Tahar, di rumah dinas wali kota, Selasa. Ikut hadir, Ketua Umum Asosiasi Bank Sampah Indonesia (ABSI), Wilda Yanti dan Vice President Hubunga

PADANG (18/1/2022) - Wali Kota Padang, Hendri Septa mengatakan, akan menggunakan teknologi Refuse Derived Fuel (RDF) dalam pengelolaan sampah yang dihasilkan warga ibu kota provinsi Sumbar ini

Mewujudkan teknologi RDF ini, Hendri mengaku, Pemko Padang sudah menjalin kerjasama dengan PT Semen Padang. Kemudian, mengunjungi Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) untuk mencarikan solusi supaya RDF ini terwujud ke depan.

Selain itu, Pemko Padang melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Perdagangan, juga telah melakukan kerjasama dengan BNI.

"Kerja sama dilakukan dalam upaya pengelolaan sampah sekaligus peningkatan PAD Kota Padang melalui pemanfaatan aplikasi e-Payment dan BNI e-Collection dalam penerimaan pembayaran retribusi
kebersihan sampah, pelayanan pemakaman, pelayanan penyedotan WC dan retribusi laboratorium," ungkap Hendri.

Baca juga: Arif Kurnia Serasa Bermimpi Bisa Tidur di Rumah Wali Kota Padang

"Selain itu, kerja sama juga dilakukan terkait pelaksanaan Program "Ayo Menabung Dengan Sampah" di pasar yang dikelola oleh Pemerintah Daerah," imbuhnya.

Upaya-upaya tersebut disampaikan Hendei saat menerima kunjungan Direktur Pengelolaan Sampah, Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah, dan Bahan Beracun Berbahaya (Ditjen PSLB3) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI, Novrizal Tahar, di rumah dinas wali kota, Selasa.

Hadir juga di kesempatan itu, Ketua Umum Asosiasi Bank Sampah Indonesia, Wilda Yanti dan Vice President Hubungan Kelembagaan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, Hermita serta rombongan lainnya.

Dalam pertemuan tersebut, Hendri Septa mendapati sejumlah masukkan dan saran dari Ditjen PSLB3 dan Ketua Umum Asosiasi Bank Sampah Indonesia tentang pengelolaan sampah.

Baca juga: Wali Kota Padang Serahkan Bantuan Paket Sembako Bagi Warga Kecamatan Padang Selatan

Di antaranya adalah bagaimana upaya mengurangi jumlah tumpukan sampah yang kian hari jumlahnya semakin bertambah serta penanganan sampah agar bernilai ekonomis di Kota Padang.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: