Wawako Pekanbaru Pelajari Perjuangan jadikan Tokoh sebagai Pahlawan Nasional ke Bukittinggi

Selasa, 04 Januari 2022, 21:46 WIB | Kabar Daerah | Kota Bukittinggi
Wawako Pekanbaru Pelajari Perjuangan jadikan Tokoh sebagai Pahlawan Nasional ke...
Wawako Bukittinggi, Marfendi menyambut Wawako Pekanbaru, Ayat Cahyadi yang berkunjung dalam rangka belajar tentang perjuangan menjadikan tokoh sebagai pahlan nasional, Selasa. (hamriadi)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

BUKITTINGGI (4/1/2022) - Selain udaranya yang sejuk dan pesona alam yang dapat jadi daya tarik bagi wisatawan berkunjung, Bukittinggi juga merupakan tumpuan bagi semua orang dalam menggali ilmu.

Demikian benang merah percakapan yang terangkum dalam kunjungan Wakil Wali Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, Ayat Cahyadi ke Bukittinggi yang diterima Wakil Wali Kota Bukittinggi, Marfendi, Selasa siang.

Ayat Cahyadi mengatakan, hubungan Bukittinggi dengan Pekanbaru, walau pun secara jumlah, penduduk Pekanbaru lebih banyak, namun secara sejarah, Pekanbaru harus banyak belajar ke Bukitttinggi.

Menurut Ayat Cahyadi, sebelum zaman kemerdekaan RI, Bukittinggi menjadi tumpuan semua orang, termasuk warga warga Riau, khusus Pekanbaru belajar ke Bukittinggi.

Baca juga: Wawako Bukittinggi Jamu Rombongan Bulan Sabit Merah dan USIM Negeri Sembilan

"Bukittinggi merupakan kota tumpuan dalam belajar. Ketika saya mahasiswa, ke Bukittinggi saya pernah ke Pasar Atas membeli Al Quran terjemahan," katanya.

Marfendi yang didampingi Kepala Dinas Sosial dan Kepala Kesbangpol Bukittinggi itu, Ayat Cahyadi mengutarakan niatnya ke Bukittinggi dalam rangka sebagai Ketua Tim Penelitian Pemerintah Daerah (TP2D), sebagaimana ditugaskan wali kota Pekanbaru.

"Saya ditugaskan Wako untuk belajar ke Bukittinggi bagaimana memperjuangkan seorang tokoh di Pekanbaru bisa sebagai pahlawan nasional. Tokoh yang kami perjuangkan menjadi tokoh nasional adalah Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Mu'adzam Syah," paparnya.

Dia mengatakan, memilih Bukittinggi tempat belajar, karena sejarah Bukittinggi yang luar biasa apalagi merupakan kota kelahiran Bung Hatta.

Baca juga: Syaiful Efendi dari PKS jadi Ketua DPRD Bukittinggi Defenitif

"Selain itu, Bukittinggi juga mungkin ada referensi hubungan antara Riau dengan Sumbar, yang mana sejarah mencatat kalau Raja Kecik pendiri Kerajaan Siak, Sri Indrapura sempat dibesarkan istana Pagaruyung, Batusangkar," paparnya.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: