Panwaslu Sungaipenuh Gelar Sosialisasi Pengawasan Pilgub-Pilwako

Selasa, 29 September 2015, 23:41 WIB | Kuliner | Nasional
Panwaslu Sungaipenuh Gelar Sosialisasi Pengawasan Pilgub-Pilwako
Panwaslu Kota Sungaipenuh, memberikan materi tentang sejumlah peraturan untuk pemilihan serentak 2015 ini, pada Ormas, BEM dan LSM, Selasa (29/9/2015). Dengan pelatihan ini, peserta diharapkan dapat ikut memahami potensi dan tata cara melaporkan sebuah pe

VALORAnews - Panwaslu Kota Sungaipenuh, megngelar sosialisasi pengawasan tahapan pemilihan gubernur-wakil gubernur Jambi serta walikota-wakil walikota Sungaipenuh di pemilihan serentak 2015 pada Ormas, BEM dan LSM, Selasa (29/9/2015) di ruang pertemuan Panwaslu Sungaipenuh, Jl Yos Sudarso.

"Kegiatan sosialisasi pengawasan tahapan Pilgub-Pilwako ini, bertujuan untuk menyampaikan ke lembaga masyarakat untuk mengetahui pelanggaran-pelanggran yang akan akan terjadi. Sehingga, elemen masyarakat itu bisa tahu tentang pelanggaran-pelanggaran Pilgub-Pilwako," ujar Ketua Panwaslu Kota Sungaipenuh, Toni Indrayadi.

Dikatakan, kegiatan ini juga bertujuan untuk menyampaikan ke masyarakat dan lembaga masyarakat, agar mereka ikut memantau Pilgub-Pilwako. Sehingga, jika ada pelanggaran mereka bisa melaporkan ke Panwaslu.

"Kalau nanti ada pelanggaran mereka bisa langsung lapor ke panwaslu," ujar Toni.

Baca juga: Banggar DPRD Jambi Pelajari Pola Penganggaran Kasus Stunting ke DPRD Sumbar

Menurutnya, kegiatan ini juga bermanfaat untuk meningkatkan partisipasi pemilih masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya pada Pilgub-Pilwako yang pencoblosannya akan digelar 9 Desember 2015 mendatang. Sehingga, masyarakat dan lembaga masyarakat mengerti tentang tahapan dan bisa membedakan mana tahapan Pilgub-Pilwako yang melanggar dan tahapan yang benar.

Dosen STAIN Kerinci ini mengharapkan, setelah dilakukannya sosialsisai ini masyarakat dan pemilih pemula bisa dijadikan relawan pengawas Pilgub-Pilwako. Sehingga, Pilgub-Pilwako dapat terhindari dari kecurangan-kecurangan dan pelanggaran yang akan dilakukan oleh para peserta. (cr2)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: