10 Ribu Bibit Pohon Pelindung dan Produktif Siap Ditanam di Payakumbuh

Sabtu, 11 Desember 2021, 22:13 WIB | Kabar Daerah | Kota Payakumbuh
10 Ribu Bibit Pohon Pelindung dan Produktif Siap Ditanam di Payakumbuh
Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi

PAYAKUMBUH (9/12/2021) - Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi mengungkapkan, tengah menginsiasi gerakan 'Payakumbuh Menanam, Payakumbuh Lestarikan Alam.'

Gerakan ini merupakan rangkaian kegiatan menyambut hari ulang tahun (HUT) Kota Payakumbuh ke-51 serta juga bulan Desember adalah bulan menanam dan Hari Bela Negara. Kegiatan ini diinisiasi Dinas Lingkungan Hidup.

Kepala Dinas LH Payakumbuh, Devitra didampingi Kabid Penataan, Yuferdi mengatakan, Pemko menyediakan sekitar 10.000 bibit. Ada pohon pelindung dan pohon produktif.

"Pohon pelindung akan ditanam oleh pemko bersama-sama, dan pohon produktif akan diberikan kepada masyarakat secara gratis mulai Senin (13/12/2021) besok," kata Devitra.

Baca juga: 75 WRSE Ikuti Pelatihan Pembuatan Kue Angkatan IX, Supardi: Jadilah Motor Penggerak Ekonomi Payakumbuh

Dijelaskan, masyarakat bisa mengajukan permohonan bantuan bibit pohon produktif seperti rambutan, matoa, sirsak, durian, dan nangka ke Pemerintah Kota Payakumbuh Cq Dinas Lingkungan Hidup.

Pemko membuat counter permohonan bibit pohon ini di Mal Pelayanan Publik (MPP) untuk memfasilitasi masyarakat.

"Silahkan masyarakat mengajukan permohonan sesuai ketersediaan bibit. Kita menyediakan sekitar 7000 batang. Nanti surat permohonannya dibawa ke MPP, lalu nanti tinggal menunggu bibit diberikan oleh petugas Dinas LH, jumlah bibit yang bisa diterima ditentukan oleh Pemko," kata Devitra.

Devitra juga menyampaikan, pada 19 Desember 2021 bakal dilaksanakan penanaman serentak di Jalan Lingkar Utara dan Lingkar Selatan, Jalan SMKN 4 Payakumbuh, sekolah-sekolah, dan masjid-masjid.

Baca juga: Pelatihan Berusaha bagi WRSE Angkatan VIII, Supardi: UMKM Harus Percaya Diri dan Terus Berinovasi

"Mari kita menyambut HUT kota dan hari bela negara dengan melestarikan lingkungan, menanam pohon produktif yang bernilai ekonomis dan manfaatnya sangat banyak, itu akan kita dapatkan di hari esok," pungkasnya. (kyo)

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: