Ini Kiat Efektif dari Risiko Penularan Covid19 Versi Staf Ahli Menkes di Masa PTM Terbatas

Rabu, 10 November 2021, 20:43 WIB | Kabar Daerah | Kota Bukittinggi
Ini Kiat Efektif dari Risiko Penularan Covid19 Versi Staf Ahli Menkes di Masa PTM Terbatas
Staf ahli Menteri Kesehatan RI, Andani Eka Putra (baju batik) berdialog dengan Wako Bukittinggi, Erman Safar, Marfendi (Wawako) jelang Sosialisasi Pencegahan Gelombang Ketiga Covid19 di Bukittinggi, di aula balai kota, Senin. (humas)

"Guna memastikan upaya mengamankan PTM Terbatas, perlu dilakukan secara terstandar di seluruh Indonesia. Diperlukan petunjuk teknis yang mengatur dan jadi acuan dalam pelaksanaan surveilans PTM Terbatas, pemanfaatan teknologi digital dalam pemantauan PTM Terbatas, serta aspek komunikasi risiko hasil surveilans PTM Terbatas," tegasnya.

Diketahui, Surat Keputusan Bersama Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 03/KB/2021, Nomor 384 Tahun 2021, Nomor HK.01.08/MENKES/4242/2021 dan Nomor 440-717 Tahun 2021 tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid19) mengamanatkan bahwa, kesehatan dan keselamatan semua warga satuan pendidikan merupakan prioritas utama yang wajib dipertimbangkan dalam menetapkan kebijakan pembelajaran pada masa pandemi Covid19.

Bukittinggi PPKM Level 2

Baca juga: Capaian Vaksinasi Rendah: Yayasan Senarai Gelar Vaksinasi dengan Doorprize dan Sembako di Nagari Barung-Barung Balantai

Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar sebutkan, berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri No 54 Tahun 2021, Bukittinggi ditetapkan Pemerintah berada pada Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2.

Meskipun telah berada dalam level situasi pandemi yang lebih baik, Erman meminta, segenap stake holder Bukittinggi tetap meningkatkan kewaspadaan mengingat aktivitas sosial, pendidikan dan ekonomi warga masyarakat sudah mulai bergerak.

Disebutkan, pemerintah menentukan level situasi pandemi Covid19 pada suatu daerah, berdasarkan perbandingan level transmisi penularan dengan kapasitas respon sistem kesehatan di daerah tersebut.

Selain itu, Erman Safar juga mengingatkan agar seluruh pihak, tetap mematuhi protokol kesehatan dan mendapatkan vaksinasi Covid19 yang disediakan di berbagai fasilitas pelayanan kesehatan di Bukittinggi, guna mewujudkan terbentuknya kekebalan pada kelompok masyarakat (herd immunity). (kyo)

Halaman:
1 2

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: