Kecanduan Gadget Menghantui Generasi Muda Padang, Bunda Paud: Semua Kita Harus Peduli

Kamis, 04 November 2021, 09:00 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang
Kecanduan Gadget Menghantui Generasi Muda Padang, Bunda Paud: Semua Kita Harus Peduli
Bunda PAUD Padang, Genny Putrinda bermain bersama siswa PAUD Holistik Integratif (HI) Melati Pepaya, Rabu pagi. (humas)

PADANG (3/11/2021) - Bunda PAUD Kota Padang, Genny Putrinda mengunjungi PAUD Holistik Integratif (HI) Melati Pepaya, Rabu pagi. Kunjungan ke Kelurahan Kuranji, Kecamatan Kuranji itu dalam rangka memberikan pembinaan, dukungan, semangat dan perhatian pada lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kota Padang.

Dalam kunjungan tersebut, Genny terlihat melakukan sejumlah aktivitas bersama anak-anak PAUD Melati Pepaya. Di antaranya menonton televisi bersama, membaca buku cerita dan memberikan motivasi.

Kemudian, dia juga terlihat melakukan pengukuran tinggi badan dan mengukur berat badan anak-anak PAUD yang didampingi petugas Puskesmas setempat. Kemudian, mengunjungi ruang UKS PAUD setempat.

"Kunjungannya ini dalam rangka melihat langsung gerakan gemar membaca untuk anak usia dini yang dilaksanakan di PAUD Melati Pepaya. Kita di Kota Padang, saat ini memang mewajibkan anak-anak sehari itu untuk membaca minimal 30 menit. Alhamdulillah, hal ini sudah mulai dilakukan dan dilihatkan PAUD Melati Pepaya," ujarnya.

Baca juga: Kanak-kanak Sudah Diberikan Gadget, Ridha: Bisa Timbulkan Syaraf Mati hingga Kelumpuhan pada Anak

Dia menambahkan, untuk menghasilkan generasi yang literat dimasa depan, perlu menumbuhkan minat baca bagi anak-anak. Hal ini tentunya harus dimulai dari usia dini.

"Kita perlu menghasilkan anak-anak yang berkualitas, yang mau gemar membaca karena mereka akan menjadi penerus bangsa ke depannya," ujar Genny.

Di kesempatan itu, Genny yang juga Ketua TP-PKK Padang itu, meminta agar para orang tua mampu menyiasati agar anak mereka tidak kecanduan gadget. Karena, hal ini akan berefek buruk pada perkembangan anak.

"Setiap bertemu orang tua, saya selalu ingatkan ini. Kita harus peduli, agar anak-anak tidak kecanduan gadget. Khususnya kepada guru-guru PAUD, saya meminta agar kita bersama mampu mengomunikasikan ini ke orang tua anak," pungkasnya.

Baca juga: Program Simaya Telan Anggaran Rp4,7 Miliar: Seluruh Pejabat Pemprov Bakal Disediakan Gadget

PAUD Holistik Integratif adalah penanganan anak usia dini secara utuh (menyeluruh) yang mencakup layanan gizi dan kesehatan, pendidikan dan pengasuhan, dan perlindungan, untuk mengoptimalkan semua aspek perkembangan anak yang dilakukan secara terpadu oleh berbagai pemangku kepentingan di tingkat masyarakat, pemerintah daerah dan pusat.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: