Ini Kiat Penggemukan Sapi ala Pengusaha Rumah Hewan

Selasa, 22 September 2015, 22:35 WIB | Olahraga | Kota Padang
Ini Kiat Penggemukan Sapi ala Pengusaha Rumah Hewan
Wako Padang, Mahyeldi menyematkan label pada sapi yang digemukan Rumah Hewan milik pengusaha muda, Poppy Irawan di Balai Baru, Kuranji, Selasa (22/9/2015). (humas)

VALORAnews -- Pengusaha penggemukan sapi dari Rumah Hewan, Poppy Irawan mengatakan, untuk menggemukkan sapi, dua jenis makanan khusus harus disiapkan setiap hari. Yakni konsentrat dan jerami. Konsentrat itu terdiri dari limbah sawit, sagu, ampas tahu, tetes dan probiotik. Pemberian konsentrat dilakukan sesuai dengan bibit badan sapi tersebut.

"Dengan pemberian konsentrat ini pertumbuhan fisik sapi akan terus bertambah 1,2 kilogram per hari," katanya, Selasa (22/9/2015), seperti dikutip dari siaran pers Pemko Padang.

Sedangkan untuk pakan berupa jerami, Poppy mengamoniasi jerami padi tersebut selama tiga minggu untuk kemudian diberikan ke sapi. Jerami diberikan kepada hewan sebanyak 10 persen dari bobot badan hewan per harinya.

"Makanan berupa konsentrat dan jerami ini diberikan selang seling setiap harinya. Pada pagi hari diberikan konsentrat, siangnya jerami dan sekitar pukul dua siang kembali diberikan konsentrat. Pada menjelang maghrib kembali dipasok dengan jerami," sebut lelaki jebolan Universitas Padjajaran jurusan Hubungan Internasional ini.

Baca juga: UPDATE: Korban Meninggal Dunia Banjir Bandang di Sumbar jadi 34 Orang

Di rumah hewan milik Poppy tersebut, 100 ekor sapi simental tengah digemukannya. Bobot sapi simental terberat yakni 900 kilogram. Bobot sapi simental berusia satu setengah tahun itu, berkat diberi pakan berupa konsentrat dan jerami. (vri)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: