Ninik Mamak Berperan dalam Sosialisasi dan Peningkatan Partisipasi

Minggu, 20 September 2015, 20:52 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
Ninik Mamak Berperan dalam Sosialisasi dan Peningkatan Partisipasi
Tiga orang perwakilan ninik mamak di forum silaturahmi ninik mamak Minangkabau, membacakan amanat pada anak dan kemenakan tentang pemilihan serentak 2015, Sabtu (19/9/2015) di Istana Bung Hatta, Bukittinggi. Hadir dalam acara itu, utusan KAN berbagai daer

VALORAnews -- Kordiv Teknis KPU Sumbar, Muftie Syarfie mengatakan, niniak-mamak punya peran penting di Minangkabau. Untuk itu, dia berharap, ninik mamak dapat membantu KPU dalam menyosialisasikan dan memahani arti penting pilkada di Sumbar pada pemilihan serentak 2015 ini.

"Pertemuan niniak mamak se-Sumbar ini, adalah inisiatif sendiri dari para niniak mamak. Tuo adat kita ini berharap, pilkada mesti berlangsung secara damai aman dan tentram. Hasil yang diharapkan, tentunya peningkatan partisipasi pemilih, baik KPU sebagai penyelenggara dan paslon sendiri sebagai kontestan pada pemilihan ini," ujar Mufti Sabtu (19/9/2015) di Bukittinggi saat jadi keynote speaker pada silahturahmi niniak mamak Minangkabau, KPU Sumbar, Polda Sumbar, niniak mamak dari Riau dan Negeri Sembilan Malaysia.

Selain sosialisasi, dalam pertemuan niniak mamak tersebut juga hadir sejumlah paslon yang juga memegang peranan penting dalam pilkada. Setiap paslon yang hadir, diharapkan mampu menjelaskan visi, misi dan program untuk pembangunan kelanjutan di daerah yang akan dipimpinnya nanti.

Niniak mamak, menurut Mufti, sangat berperan dalam sosialisasi dan peningkatan partisipasi pemilih dalam pilkada. Ninik mamak juga diharapkan tidak melewatkan proses ini begitu saja. "Sukses atau tidaknya pilkada secara struktural, memang tergantung dari penyelenggara dan lini yang terkait, tapi hal lainnya yang sangat berperan yakni masyarakat itu sendiri," terangnya. (pl6)

Baca juga: PILKADA 2024: KERAS OMBAK, Sekretaris Perindo Sumbar Maju di Pilkada Pessel

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: