LPMP Sumbar Persiapkan Kepala Sekolah Solsel untuk Seleksi Program Sekolah Penggerak

Sabtu, 11 September 2021, 19:14 WIB | Kabar Daerah | Kab. Solok Selatan
LPMP Sumbar Persiapkan Kepala Sekolah Solsel untuk Seleksi Program Sekolah Penggerak
Bupati Solok Selatan, Khairunas menandatangani naskah kerjasama dengan Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Sumatera Barat, Sofian Asmirza S, Jumat. (humas)

SOLOK SELATAN (10/9/2021) - Kabupaten Solok Selatan dipilih sebagai salah satu dari sembilan kabupaten/kota yang akan jadi sasaran Program Sekolah Penggerak (PSP) dari kementerian terkait.

Bersama kabupaten/kota Agam, Dharmasraya, Limapuluh Kota, Pesisir Selatan, Tanah Datar, Padang, Pariaman dan Sawahlunto, Kabupaten Solok Selatan berkesempatan jadi daerah penyelenggara Program Sekolah Penggerak.

"Kepala sekolah yang dipilih untuk PSP bukan berdasarkan sekolah-sekolah yang dengan kriteria berkualitas/unggul, namun berdasarkan hasil seleksi yang dimulai dari seleksi kepala sekolahnya," ungkap Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Sumatera Barat, Sofian Asmirza S, Jumat.

Sebagai langkah pertama, terang Sofian, LPMP Sumbar memberikan sosialisasi dan pembekalan, untuk penguatan kapasitas seluruh kepala sekolah dari berbagai satuan pendidikan di Solok Selatan.

Baca juga: Bupati Solsel Pimpin Studi Tiru ke MPP Pekanbaru, Peluang Kerjasama Suplai Bahan Pokok Dilirik

Terutama, untuk menghadapi persiapan Rekrutmen Kepala Sekolah Program Sekolah Penggerak yang berlangsung 27 Agustus hingga 3 Oktober mendatang.

Kepala Sekolah harus melewati tahapan seleksi mulai dari Registrasi, Pengisian Biodata (CV) hingga penulisan esai.

Selanjutnya, menurut Sofian, PSP nantinya tidak dikelola oleh satu Direktorat Jenderal (ditjen) atau direktorat saja, melainkan oleh gabungan beberapa Ditjen dan lembaga seperti Ditjen GTK, Ditjen Paud Dikdasmen, Balitbang dan lain-lain serta didukung kepala daerah. Sehingga, semuanya ikut berperan untuk menyukseskan PSP.

Sofian juga sangat mengapresiasi semangat dan antusiasme Solsel, untuk mengambil langkah besar menjadi penyelenggara program sekolah penggerak.

Baca juga: Expo Jelang HUT ke-19: Pemkab Solsel Gelar Festival Kopi se-Sumatera

Perbaiki Peringkat Pendidikan

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: