Telah Jabat Sekdako Bukittinggi 10 Tahun, Yuen Karnova Ambil Cuti Besar

Jumat, 09 Juli 2021, 21:08 WIB | Kabar Daerah | Kota Bukittinggi
Telah Jabat Sekdako Bukittinggi 10 Tahun, Yuen Karnova Ambil Cuti Besar
Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Bukittinggi, Yuen Karnova.
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

BUKITTINGGI (9/7/2021) - Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Bukittinggi, Yuen Karnova yang saat ini sedang mengambil cuti besar, berpotensi masih mamangku karir tertinggi ASN di tingkat kota tersebut sampai 2023. Artinya, hingga dia berumur 60 tahun.

"Saya hanya ditunjuk sebagai pelaksana harian (Plh) Sekda, guna mengisi ke kosongan sementara," kata Plh Sekdako Bukittinggi, Rismal Hadi, Jumat siang.

Rismal merupakan Kepala Bapelitbang Kota Bukittinggi. Dia mengatakan, di dalam aturan kepegawaian, Yuen Karnova masih bisa menjabat sebagai Sekda Bukittinggi sampai 2023 mendatang.

Ia mengatakan, dalam aturan tersebut, jika eselon II, apabila umurnya sudah masuk 58 tahun dan masih menjabat, bisa menjabat sampai usia 60 tahun.

Baca juga: Wawako Bukittinggi Jamu Rombongan Bulan Sabit Merah dan USIM Negeri Sembilan

Diketahui, Yuen dilahirkan pada 11 Januari 1963. Artinya, dia tercatat berusia 58 tahun pada Januari 2021. Saat itu, wali kota Bukittinggi masih berstatus pelaksana tugas (Plt), sehingga tak bisa mengambil keputusan untuk tidak memperpanjangnya.

"Karena tidak bisa mengambil keputusan tidak memperpanjangnya, maka otomatis Yuen Karnova lanjut menjadi Sekdako," ucapnya.

Ia menyampaikan, penggantian Yuen Karnova sebagai Sekdako Bukittinggi, apabila Yuen Karnova tidak menjabat Sekdako.

"Saat ini, Yuen Karnova tersebut masih berstatus sebagai Sekdako. Kalau dia (Yuen Karnova-red) habis cuti dan aktif lagi sebagai Sekdako. Tidak bisa diganti, kecuali jika Yuen Karnova mundur," paparnya.

Baca juga: Bulan Sabit Merah Negeri Sembilan dan USIM Pelajari Pola Penanganan Bencana ke PMI Bukittinggi

Menurut dia, jika Yuen Karnova mundur, lantaran tidak mau melanjutkan jabatan tersebut sampai 2023, pemerintah kota Bukittinggi barangkali akan membentuk panitia seleksi (Pansel), guna pencarian Sekda baru.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: