Ratusan Karyawan PT Haleyora Powerindo Bukittinggi Pertanyakan THR, Gelar Demo ke Padang

Senin, 10 Mei 2021, 16:21 WIB | News | Kota Bukittinggi
Ratusan Karyawan PT Haleyora Powerindo Bukittinggi Pertanyakan THR, Gelar Demo ke Padang
Sebagian karyawan PT Haleyora Powerindo Cabang Bukittinggi, bersiap menuju Kota Padang untuk menggelar aksi damai tentang pembayaran THR, Senin (10/5/2021). (istimewa)

Dalam Perdir tersebut, ada dua komponen upah yang termasuk Tunjangan Tetap yang setiap bulan diterima pekerja yang akan hilang yaitu Tunjangan Kompetensi dan Delta, komponen tersebut tidak dimasukkan dalam perhitungan THR sehingga nilai THR menjadi tidak sama dengan nilai upah yang biasa tiap bulan diterima.

"Kami yang di ULP dan UP3 PLN Bukittinggi ada yang bekerja di dinas pelayanan ganguan, catat meter, row, inspeksi dan administrasi. Semuanya di bawah naungan PT. Haleyora Powerindo. Ada yang sudah bekerja diatas 10 sampai 20 tahun," pungkasnya.

Kalau sumber kegaduhan tentang pembayaran THR yang tidak full satu bulan ini, bersumber dari masing-masing vendor maka Pihak PLN harus bertindak tegas kepada vendor nakal tersebut.

Baca juga: PLN Pekanbaru Lakukan Pemeliharaan, Ini Area Terdampak Pemadaman hingga Pukul 16.00 WIB Ini

"Namun sebaliknya, apabila sumber kegaduhan ini dari pihak PT. PLN melalui Perdir No 0219 maka Perdir tersebut cacat hukum, karena tidak berpedoman pada peraturan diatasnya baik PP. 78 Tahun 2015, Permenaker No.6 Tahun 2016 maupun SE Menaker Tahun 2021. Perusahaan Plat Merah harus memberikan contoh yang baik bagi perusahaan swasta lainnya dalam perhitungan THR tahun 2021," imbuhnya.

PT. Haleyora Power merupakan anak perusahaan dari PT. PLN (Persero) yang bergerak di bidang Operation & Maintenance pada jaringan transmisi dan distribusi kelistrikan. PT. Haleyora Power bediri sejak 18 Oktober 2011 dan beroperasi di wilayah Sumatera, Jawa dan Bali.

PLN memberikan sebagian pekerjaan/memborongkan pekerjaannya ke PT Haleyora Power, kemudian PT. Haleyora Power memborongkan lagi ke PT. Haleyora Powerindo. Lalu posisi pekerjanya adalah karyawan PKWTT dari PT Haleyora Powerindo yang sebelumnya di pekerjakan oleh PT. Haleyora Power. (ham)

Halaman:
1 2

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: