Ciptakan Bukittinggi Bebas Banjir: Erman Safar--Marfendi akan Bangun Gorong-gorong Terintegrasi untuk Kabel Listrik dan Telepon

Kamis, 11 Maret 2021, 21:20 WIB | News | Kota Bukittinggi
Ciptakan Bukittinggi Bebas Banjir: Erman Safar--Marfendi akan Bangun Gorong-gorong...
Wakil Wali Kota Bukittinggi, Marfendi menyerahkan dokumen anggaran 2022 pada Rapat Koordinasi bersama Gubernur dan Wakil Gubernur, di Aula kantor Gubernur di Padang, Senin (9/9/2021). (istimewa)

"Dengan demikian tidak ada kabel yang bersimpang siur lagi. Semua bertujuan untuk pengendalian banjir sekaligus untuk keindahan kota," paparnya.

Selanjutnya yang diajukan lagi, kata Marfendi, adalah penyelesaian masalah sampah Bukittinggi, yang kemungkinan TPA di Payakumbuh akan ditutup dua tahun lagi.

"Penutupan itu sudah direncanakan dari sekarang. Kita meminta ke pemerintah provinsi untuk meminta membantu penyediaan TPA regional lagi. Kita berharap TPA bisa diolah jadi energi. Bisa didaur ulang untuk menjadi uang," paparnya.

Baca juga: Banjir Bandang Landa 3 Kabupaten di Sumbar, 15 Orang Meninggal Dunia dan 16 Orang Luka

Selain itu, kata dia, juga diusulkan penguatan dinding jalan ke Ngarai Sianok, yang terjal dan kemungkinan bisa longsor dapat diatasi.

"Bukittinggi kan tidak memiliki sarana dan prasarana dan tempat olah raga. Jadi, bagaimana Lapangan Bukit Ambacang dijadikan stadion. Di sana ada pacu kudanya, ada lintasan atletik, dan lapangan bola kaki," ucapnya.

Sementara itu, kata Marfendi, untuk rumah Bung Hatta agar dapat ada museumnya, sehingga ikon Bung Hatta yang sudah lekat di Bukittinggi, seperti sudah ada Istana Bung Hatta, Pustaka Bung Hatta dan Patung Bung Hatta.

"Sekarang akan ditambah Museum Bung Hatta. Untuk membangun museum itu, ada tanah yang cukup luas sekitar 4 ribu meter di belakang rumah Bung Hatta itu," ungkapnya.

Selain membangun Museum Bung Hatta itu, papar Marfendi, direncanakan jalan dua jalur dari perempatan BMW sampai ke batas kota daerah Garegeh.

"Dari pemaparan yang disampaikan itu, nampaknya mendapat respon sangat baik dari wali kota dan gubernur serta sejumlah SKPD. Gubernur menekankan agar direalisasikan ke pusat," sebutnya.

Ia menyatakan, pada pemaparan terkait lahan PT KAI, akan diperjelas posisi bersama dengan dinas perhubungan.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: