Kantor SAR Mentawai Butuh Tambahan Kantor, Yudas: Pemkab Siap Memfasilitasi

Selasa, 16 Februari 2021, 19:25 WIB | Wisata | Kab. Mentawai
Kantor SAR Mentawai Butuh Tambahan Kantor, Yudas: Pemkab Siap Memfasilitasi
Bupati Kepulauan Mentawai, Yudas Sabaggalet. (istimewa)

"Saat ini, kantor SAR Mentawai berpusat di Pulau Sipora tepatnya di Km 9 Tua Pejat. Sedangkan kepulauan Mentawai daerahnya cukup luas, dengan jarak yang cukup jauh," ungkapnya.

Jika merujuk luas lautan dan kondisi alam yang tidak menentu, satu buah kantor SAR yang berada di ibu kota kabupaten, dipandang tak efektif dalam melakukan pelayanan pencarian dan pertolongan.

"Kecelakaan di laut yang sampai merenggut jiwa, kerap terjadi. Begitu juga kecelakaan kapal yang terjadi di seputaran perairan Mentawai," ungkap Akmal.

Baca juga: Tenggelam di Sungai Sarereket, Kantor SAR Mentawai Kerahkan 2 Tim Cari Warga Desa Madobag

Untuk itu Akmal berharap, Basarnas pusat dapat memberikan tambahan pelayanan seperti adanya Pos SAR di dua pulau besar selain Pulau Sipora.

Selama ini, terangnya, kalau terjadi kecelakaan kapal atau musibah di laut, pelayanannya harus dari Tua Peijat. Kalau itu terjadi di daerah bagian Utara seperti Pulau Siberut atau Pulau Pagai Utara/Selatan, harus menunggu bantuan datang dari Tua Pejat.

"Ini tentu saja membutuhkan waktu, sehingga memicu keterlambatan dalam memberikan bantuan. Meskipun adanya pertolongan dari masyarakat sekitar atau perahau dan kapal yang berada dekat lokasi kecelakaan, tapi itu tentu tidak memadai," urai Akmal. (dni)

Halaman:
1 2

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: