Padangpanjang Punya Forum SDI dan Portal Serambi Data Indonesia

Kamis, 11 Februari 2021, 14:29 WIB | News | Kota Padang Panjang
Padangpanjang Punya Forum SDI dan Portal Serambi Data Indonesia
Wali Kota Padangpanjang, Fadly Amran memberikan arahan pada pengukuhan Forum Satu Data Indonesia (FSDI) sekaligus peluncuran Portal Satu Data Indonesia (PSDI) Kota Padangpanjang di Hall Lantai III Balaikota, Kamis (11/2/2021). (kominfo)
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Wali Kota Padangpanjang, Fadly Amran mengukuhkan Forum Satu Data Indonesia (FSDI) dan meluncurkan Portal Satu Data Indonesia (PSDI) Kota Padangpanjang di Hall Lantai III Balaikota, Kamis (11/2/2021). Untuk FSDI ini, Padangpanjang menjadi yang pertama di Sumatera Barat yang membentuk dan mengukuhkannya.

Disampaikan Fadly, FSDI memiliki peran untuk menyelaraskan data yang ada. Karena satu data merupakan kekayaan terbesar dalam pembangunan. Jika datanya berbeda-beda dan tidak sinkron, itu akan menjadi masalah nantinya.

"Kedepannya, lebih baik kita memperhatikan data-data yang telah ada, susun sedemikian rupa dengan rapi," ujar Fadly.

Ditambahkan Fadly, perlunya data yang akurat, juga harus ada koordinator untuk pertanggungjawabannya. "Jangan hanya sekadar data, tapi harus jelas programnya," katanya mengingatkan.

Baca juga: DISKOMINFO PESSEL Verifikasi Data dengan BPS

Sementara, Kepala BPS Padangpanjang, Arius Jonnaidi menyebutkan, tujuan satu data ini untuk memberikan acuan yang jelas untuk pelaksanaan pengelolaan data dan agar bisa menjadi pedoman bagi instasi produsen data dan juga instansi pemanfaat data.

Ini dalam rangka penyelenggaraan tata kelola data, mewujudkan data yang akurat, mutakhir dan terpadu, dapat dipertanggungjawabkan dan mudah diakses. Selanjutnya, untuk mendorong keterbukaan dan transparansi data, serta mendukung sistem statistik nasional.

"Melalui FSDI ini, nantinya menyelaraskan data yang telah ada, data dari setiap instansi dapat dikirimkan ke portal satu data dan bisa dipergunakan untuk beragam keperluan," ujarnya.

Kepala Bappeda Padangpanjang, Rusdianto mengatakan, SDI merupakan kebijakan tata kelola pemerintah yang bertujuan untuk menciptakan data berkualitas, mudah diakses dan dapat dibagi-pakaikan.

Baca juga: Program Satu Data Sumut Kelola 33 Data Statistik Sektoral dari 46 Produsen

"Melalui SDI, data pemerintah dan data instansi lainnya, terkait melalui satu data tersebut," tuturnya.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: