Kartu Bukittinggi Hebat, Ini Penjelasan Jubir Erman Safar-Marfendi

Selasa, 15 Desember 2020, 18:18 WIB | News | Kota Bukittinggi
Kartu Bukittinggi Hebat, Ini Penjelasan Jubir Erman Safar-Marfendi
Imfografis.

VALORAnews - Beberapa hari terakhir, program Bukittinggi Hebat dalam bentuk kartu menjadi perbincangan hangat antar beberapa kelompok masyarakat yang sepertinya kurang memahami peruntukan, fungsi dan kegunaan kartu tersebut.

Menanggapi hal demikian, Jubir Koalisi Bukittinggi Hebat, Maryuli Apindo, Selasa (15/12/2020), menyampaikan, terdapat enam hal penafsiran dari Kartu Bukittinggi Hebat (KBH).

Menurut dia, sebanyak enam hal terkait dengan penafsiran akan KBH, yaitu pertama, KBH adalah bagian dari program unggulan yang direncanakan pasangan Erman-Marfendi.

Kedua, KBH bukan kartu yang otomatis aktif dan dapat ditukarkan setelah pilkada selesai. Ketiga, KBH adalah bagian dari program pengentasan kemiskinan di kota Bukittinggi, yang apabila nanti setelah pasangan ini resmi menjadi walikota-wakil walikota Bukittinggi dan akan dimasukkan dalam RPJMD Kota Bukittinggi.

Keempat, bahwa adanya anggapan kartu ini dapat ditukarkan dengan uang atau barang setelah Erman-Marfendi menang adalah kami pastikan kabar dan berita itu tidak benar.

Kelima, setelah program KBH nanti ditetapkan dan disetujui dalam RPJM, APBD kota Bukittinggi, masyarakat kota yang kurang dan tidak mampu disurvey dan diverifikasi kembali secara formal oleh pemerintah kota untuk mendapatkan bantuan pendidikan, kesehatan dan kebutuhan pokok.

Teknis program dilakukan pemerintah kota secara komprehensif sebelum program dijalankan. Dengan penjelasan ini tentunya diharapkan wargakota lebih memahami, tidak ditafsiran secara sepihak berdasarkan kepentingan yang tidak bisa dipertanggungjawabkan.

Keenam, wargakota yang memegang Kartu Bukittinggi Hebat saat ini tercatat 'by name by address', tidak bisa dipegang dikuasai oleh pihak lain, apalagi disalahgunakan untuk kepentingan yang tidak sesuai dengan tujuan program pasangan calon yang mengeluarkan Kartu Bukittinggi Hebat. (ham)

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: