BRI Jadikan Sungai Bandar Purus V Tacelak

Minggu, 06 Desember 2020, 19:16 WIB | News | Kota Padang
BRI Jadikan Sungai Bandar Purus V Tacelak
Pemimpin Wilayah BRI Padang, Wahju Hidajat menyerahkan aset dari program 'Jaga Sungai Jaga Kehidupan' ke Hendri Septa (Plt Wako Padang), pada saat peresmian, Jumat (4/12/2020). (istimewa)

VALORAnews - Sungai Bandar Purus V kini terlihat asri dan tertata rapi. Sungai yang dulu dijadikan sebagai tempat pembuangan sampah, kini jadi ikon masyarakat setempat. Sungai yang terletak di Kelurahan Purus, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang tepatnya di pinggir kantor camat Padang Barat, bisa membuat pengunjung betah berlama-lama

"Bank BRI melalui program 'Jaga Sungai Jaga Kehidupan' telah mengembalikan fungsi dan peran Sungai Bandar Purus V sebagai penyangga kehidupan alam sekitar," ungkap Pemimpin Wilayah BRI Padang, Wahju Hidajat, pada saat peresmian lokasi itu bersama Pemko Padang, Jumat (4/12/2020).

Dikatakan, kegiatan bersih-bersih sungai dilakukan dengan empat kegiatan utama yaitu pembersihan dan penataan sungai, edukasi lingkungan sehat, pengolahan sampah rumah tangga dan pembangunan sarana dan prasarana di pinggir sungai.

Mengacu pada konsep Pro Planet, Pro People dan Pro Profit, kegiatan bersih-bersih sungai ini diharapkan mampu mendorong kesadaran untuk menjaga kebersihan sungai dan kesejahteraan masyarakat sekitar.

Baca juga: BRI Peduli Woman Communitree bersama RO Padang

"Dalam kegiatan edukasi lingkungan sehat, BRI bekerjasama dengan Pemerintah Kota Padang terkait sosialisasi pengelolaan lingkungan sungai yang berkelanjutan bagi warga sekitar," ungkapnya.

Selain itu, BRI juga memberikan pembinaan terhadap warga sekitar sungai terkait pengelolaan sampah yang masih menimbulkan permasalahan sosial. Untuk membantu mengatasi persoalan tersebut, salah satunya, BRI menyalurkan bantuan satu unit mesin pencacah sampah anorganik pada masyarakat setempat. Bantuan ini didasarkan pada keberadaan sampah anoganik di aliran Sungai Bandar Purus V.

Olah Sampah

Dikatakan Wahju, bekerja sama dengan Bank Sampah Saiyo, milik masyarakat Purus, BRI juga melakukan edukasi pengolahan sampah kepada masyarakat agar bisa dimanfaatkan untuk kepentingan ekonomi masyarakat di sekitaran Sungai Bandar Purus V.

"Bank Sampah Saiyo bersama masyarakat mengangkut sampah plastik rumah tangga yang telah dipilah dijual ke pengepul melalui Bank Sampah. Uang hasil penjualan akan dimasukkan ke kas RT/RW dan ditabung melalui AgenBRILink terdekat di Kelurahan Purus," ungkapnya.

Dalam hal ini, ungkap Wahju, BRI memberikan bantuan mesin pencacah sampah untuk warga yang tinggal di sekitaran Bandar Purus V dan dikelola bersama Bank Sampah Saiyo.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: