Sejumlah Warga Terpapar Virus Corona: Satgas Covid19 RW XI Kelurahan Padang Sarai Antisipasi Penularan Virus Corona

Kamis, 05 November 2020, 17:35 WIB | News | Kota Padang
Sejumlah Warga Terpapar Virus Corona: Satgas Covid19 RW XI Kelurahan Padang Sarai...
Ketua RT 005 RW XI Kelurahan Padang Sarai, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang, Edo Andrefson Sutan Barbangso (kanan), membagikan masker pada warga untuk mengantisipasi terpapar Virus Corona atau severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2)

VALORAnews - Sejumlah warga RT 005 RW XI Kelurahan Padang Sarai, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang, terpapar Virus Corona atau severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2).

Mengantisipasi penyebaran virus yang menyerang sistem pernapasan itu, Satgas Covid19 Kelurahan Padang Sarai, membagikan 400 masker non medis bagi warga yang ada di kawasan RW XI tersebut.

"Pembagian masker pada Ahad (2/11/2020) lalu itu, dimaksudkan sebagai salah satu upaya memutus rantai penyebaran di lingkungan sekitar warga yang terpapar," ungkap Ketua RT 005 RW XI, Edo Andrefson Sutan Barbangso, Kamis (5/11/2020).

Dikatakan Edo, masker yang merupakan bantuan dari Pemko Padang itu, disalurkan pada berbagai lapisan warga yang beresiko terpapar Virus Corona. Rencananya, pembagian masker ini juga akan dilakukan secara periodik, melihat perkembangan penyebaran Virus Corona di lingkungannya itu.

Baca juga: BANJIR PESSEL: Dinkes Bagikan Masker ke Masyarakat

"Bersama Pak Lurah, Pak WR, tokoh masyarakat di RW XI beserta Babinkamtibas dan Babinsa, kita membagikan masker secara simbolis pada warga," ungkap Edo.

Selain membagikan masker, edukasi tentang pentingnya warga secara ketat menjaga diri dari bahaya Covid, juga ikut disosialisasikan. "Kita tidak boleh lalai dan abai dengan penularan Virus Corona ini," ungkap dia.

Selain itu, menggunakan masker saat keluar rumah, tidak berkerumun dan secara berkala mencuci tangan dengan sabun, mesti jadi kebiasaan baru masyarakat.

Baca juga: Kualitas Udara Pekanbaru Membaik, Siswa Tetap Dianjurkan Pakai Masker

"Mengenakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak (3M) merupakan kebiasaan baru yang cukup efektif mencegah penulran Covid19 sekaligus berbiaya murah," ungkap Edo yang baru saja terpilih sebagai ketua RT dalam pemilihan yang digelar seperti tatalaksana Pemilu itu.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: