Parkim Bukittinggi Ukur Ketebalan Cor Jalan Pakai Sistem Rojokan

Senin, 02 November 2020, 21:48 WIB | News | Kota Bukittinggi
Parkim Bukittinggi Ukur Ketebalan Cor Jalan Pakai Sistem Rojokan
Pengkuran ketebalan dengan menggunakan core drill.

VALORAnews - Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Parkim) Kota Bukittinggi, tidak melakukan core drill jalan cor yang dikerjakan para rekanan, untuk mengetahui sampel ketebalan beton.

"Kita memang tidak melakukan core drill. Tapi, melakukan pengukuran ketebalan beton dengan sistem rojokan. Jika kita masih ragu, kita akan pahat," kata Kabid Prasarana, Sarana Utilitas Umum Dinas Perkim Bukittinggi, Syafriyaldi di Bukittinggi, Senin (2/11/2020).

Pengecekan lapangan menggunakan core drill, yakni mesin untuk menguji struktur cor beton, petugas dapat mengambil sampel di beberapa titik untuk mengetahui ketebalan beton.

"Core drill tersebut biayanya tidak itu, tapi tetap kita pahat. Untuk core, mahal beton dari pada aspal," ucapnya.

Terkait mengetahui ketebalan aspal dilakukan core drill, menurut dia, untuk aspal murah dilakukan, tapi untuk beton, mata core drill ancam ke beton, kecuali dipahat.

Dia mengatakan, pekerjaan cor jalan di Dinas Parkim terdapat di tiga titik, yaitu daerah Tanah Jua, depan Rumah Potong dan Bukit Apit.

"Pekejaan cor jalan ada tiga yang besar, yang lebarnya Rp2,5 M," sebutnya.

Pekerjaan cor jalan pada Dinas Parkim, terdapat pekerjaan pemilihan langsung (PML) dan Penunjukan Langsung.

Untuk pelaksana pekerjaan, penetapan rekanan yang akan mengerjakan dilakukan oleh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Hanya saja, ditengah kondisi pandemi Covid19, menurut dia, paket pekerjaan di Parkim tidak lah banyak, yaitu tiga cor jalan dan sisanya saluran.

Laporan didapat, pengerjaan cor jalan, ada yang tidak menggunakan benang, yang berfungsi untuk mendapatkan ketabalan beton sesuai dengan spek.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: