Ratusan Pohon Pinus Terbakar di Kawasan TNKS

Jumat, 04 September 2015, 18:02 WIB | Kuliner | Nasional
Ratusan Pohon Pinus Terbakar di Kawasan TNKS
Petugas pemadam kebakaran UPTB Damkar BPBD Sungaipenuh, memadamkan kobaran api yang membakar hutan pinus di kawasan TNKS, Jumat (4/9/2015) dengan peralatan seadanya. (riko pirmando/valoranews)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Kebakaran hutan, kembali terjadi di Kota Sungaipenuh, Jambi. Kali ini, ratusan batang Pohon Pinus dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) terbakar, Jumat (4/9/2015) sore.

"Sekarang apinya masih besar. Petugas masih berupaya memadamkan api dengan alat seadanya," ujar Kepala UPTB Damkar BPBD Kota Sungaipenuh, Junaldi, beberapa saat lalu.

Besarnya kobaran api, medan hutan yang dikeliling ribuan pohon yang dilindung jenis Pinus itu, terbakar. "Iya, sekitar ratusan Pohon Pinus ikut terbakar. Karena api merembet ke batang pohon," katanya.

Hingga sore ini, dia bersama 45 anggota Petugas Damkar, masih memadamkan api dengan cara tradisional.

Baca juga: Dinas Sosial Salurkan Bantuan bagi Korban Kebakaran di Kecamatan Canduang dan Sungai Pua

Disebutkan, kawasan yang terbakar tersebut dalam kawasan lindung TNKS yang berada di Desa Sungai Akar Kota Sungai. "Kawasan yang terbakar ini, merupakan hutan lindung," ucapnya.

Sementara, Kadis Pertanian dan Perkebunan Kota Sungaipenuh, mengatakan, pohon pinus yang terbakar sekitar 5 Hektar. "Ya, kemarin 5 hektar pohon pinus terbakar, tapi sekarang saya belum tahu. Namun, kawasan hutan itu, hutan konservasi yang sebelumnya kawasan hak milik warga," katanya. (cr2)

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: