PIK Remaja Bukit Gado-gado Fasilitasi Pelatihan Berbahasa Inggris

Sabtu, 12 September 2020, 21:25 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang
PIK Remaja Bukit Gado-gado Fasilitasi Pelatihan Berbahasa Inggris
Duta Genre serta Uda Pasaman, melatih warga Bukit Gado-gado berbahasa Inggris dalam kegiatan yang digelar PIK Remaja Kampung KB Bukit Gado-gado bersama Dinas Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Setdako Padang, Ahad (30/8/2020). (veby rikiyanto/valoranews)
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Puluhan anak-anak Bukit Gado-Gado, Kecamatan Padang Selatan, Padang, menyerbu mobil pustaka keliling Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Setdako Padang, Ahad (30/8/2020). Kehadiran mobil ini, diinisiasi Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK Remaja) Kampung KB Bukit Gado-gado, sebagai upaya menumbuhkan kembali minat baca di kalangan generasi muda.

Pada Ahad pagi jelang siang itu, calon-calon penerus estafet kepemimpinan itu diajarkan tentang berbicara dalam Bahasa Inggris sebagaimana rutin digelar dua kali dalam sebulan. Hal ini, tak lepas dari potensi besar kawasan itu di bidang pariwisata.

Menurut Ketua Bidang Pendidikan Kampung KB, Mufadilla yang juga pengurus PIK Remaja, pelatihan Bahasa Inggris ini diajarkan pada generasi muda, karena besarnya potensi pariwisata di daerah itu.

"Kita harus memiliki kemampuan berbahasa Inggris, guna menyambut wisatawan yang datang secara baik, khususnya wisatawan mancanegara," ujar Dila, demikian dia karib disapa.

Baca juga: Rumah Baca Anak Nagari Terima Rp50 Juta dari Kemendikbudristek

Untuk tenaga pengajar, PIK Remaja mendapat bantuan dari tentor-tentor jurusan Bahasa Inggris. Pada Ahad itu, kedatangan tentor dari rombongan Duta Genre serta Uda Pasaman.

Menurut Dila, kegiatan ini mendapat sambutan yang positif tidak hanya dari para remaja, tapi juga anak-anak juga banyak yang ikut menonton.

Melihat antusiasme dan keinginan tahuan anak-anak tersebut, Dila berinisiatif bagaimana anak-anak tersebut juga diberi aktifitas. "Kita berkoodinasi dengan Pak Camat Padang Selatan, ternyata mendapat respon positif dengan datangnya pustaka keliling dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan," tambah Dila.

Keberadaan Pustaka Keliling tersebut sangat dirasakan manfaatnya, anak-anak yang tadinya berkeliaran serta asik bermain dengan gawai, beralih kepada buku-buku yang ada di pustaka keliling tersebut.

Baca juga: PEMKAB PESSEL Sosialisasikan Literasi Keamanan Digital ke OPD

Sementara, Kepala Bidang Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang, Nasdini Yelly memuji upaya PIK Remaja Bukit Gado-gado untuk membudayakan membaca di kalangan anak-anak dan remaja tersebut.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: