17 Item Tuntutan Warga Inderapura ke PT Incasi Tak Berujung Kata Sepakat

Rabu, 12 Agustus 2020, 18:34 WIB | Wisata | Kab. Pesisir Selatan
17 Item Tuntutan Warga Inderapura ke PT Incasi Tak Berujung Kata Sepakat
Kapolres Pessel, AKBP Cepi Noval memimpin dialog antara warga Inderapura dengan manajemen PT Incasi Raya Group, Rabu (12/8/2020) di aula pertemuan Mapolres Pessel. Pertemuan ini juga dihadiri anggota DPRD Pessel dari Dapil 5 dan jajaran Pemkab Pessel. (is
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Sebanyak 17 item tuntutan disampaikan masyarakat Inderapura, Pessel, pada manajemen PT Incasi Raya Group, perusahaan multinasional yang bergerak di sektor perkebunan dan pengolahan kelapa sawit di Sumbar. Sayangnya, mediasi yang difasilitasi Kapolres Pesisir Selatan, AKBP Cepi Noval tak menemukan titik temu.

"Mediasi yang kita fasilitasi ini, untuk mencarikan solusi, jawaban dan penyelesaian atas masalah antara perusahaan dan warga sekitar. Karena, pada aksi damai yang dilakukan warga Inderapura, belum mendapatkan jawaban dari pihak perusahaan," ungkap AKBP Cepi Noval saat sesi dialog usai aksi damai, Rabu (12/8/2020) di aula pertemuan Mapolres Pessel.

Mediasi pagi itu, juga dihadiri kuasa hukum dari masyarakat Efson serta perwakilan PT Incasi Raya Group. Dari Pemkab Pesisir Selatan dihadiri Asisten I, Muskamal, Kesbangpol, Kasatpol PP, BPN, Kehutanan dan juga dari Kejari Pessel serta Kodim 0311 Pessel.

Erwin, salah seorang perwakilan masyarakat Inderapura, mengatakan, 17 item tuntutan ini sudah disampaikan ke manajemen PT Incasi Raya Group sejak lama. Namun, hingga kini belum bisa direalisasikan seperti HGU PT Incasi Raya Group, BPJS bagi pekerja, kesejahteraan pegawai, penetapan harga TBS sepihak, dugaan pencemaran sungai akibat limbah perusahaan dan lainya.

Baca juga: BANJIR PESSEL: PT Incasi Raya Bantu Beras 10 Ton dan Mie Instan 400 Dus

"Kita harapkan, PT Incasi Raya Group bisa membuktikan secara tertulis dan bisa terbuka serta transparan, tidak ada yang ditutupi," tegas Erwin.

Jika mediasi ini tidak menghasilkan titik temu, Erwin bersama Efson Cs, siap membawa persoaan ini ke proses selanjutnya, bahkan siap menggelar aksi damai di kantor DPRD Pessel, kalau perlu sampai ke Jakarta.

DPRD Siap Memfasilitasi

Wakil Ketua Komisi II DPRD Pessel, Aljufri didampingi sejumlah wakil rakyat dari Dapil Pessel 5, mengaku, siap memediasi permasalahan ini di gedung parlemen. Dia menyebut, akan segera menjadwalkan rapat dengar pendapat, dengan menghadirkan masyarakat Inderapura, mahasiswa asal Indrapura, Ninik Mamak, tokoh masyarakat dan elemen terkait lainnya.

Baca juga: Unik! Pengantin Pria Dipakaikan Suntiang Minang, Hanya Ada di Kabupaten Ini, Ternyata Begini Sejarahnya

"Kita minta antara kedua pihak saling terbuka, tidak ada yang ditutupi. Setiap regulasi harus diikuti dengan benar," harap Aljufri.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: