Kimia Farma Sediakan Layanan Rapid Test di BIM, Ini Biayanya

Kamis, 11 Juni 2020, 21:48 WIB | Olahraga | Provinsi Sumatera Barat
Kimia Farma Sediakan Layanan Rapid Test di BIM, Ini Biayanya
Petugas PT Kimia Farma Labor Klinik Padang, melayani rapit test bagi calon penumpang di bandara PT AP2 KC BIM, Kamis (12/6/2020). (istimewa)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Executive GM PT Angkasa Pura II KC BIM, Yos Suwagiono menginformasikan, telah jalin kerjasama dengan PT Kimia Farma Labor Klinik Padang untuk melayani rapid test Covid19 di terminal bandara, terhitung mulai Jumat (12/6/2020).

"Layanan rapid test ini, dalam rangka memudahkan dan membantu masyarakat dalam melakukan perjalanan dengan pesawat udara sesuai prosedur keberangkatan penumpang pesawat rute domestik yang diatur dalam Surat Edaran No 7 Tahun 2020 yang diterbitkan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid19," ungkap Yos Suwagiono dalam pernyataan tertulis yang diterima, Kamis (11/6/2020).

Dia berharap, dengan dibukanya layanan rapid test di terminal bandara ini, akan memudahkan dan membantu masyarakat dalam melakukan perjalanan dengan pesawat udara.

Selain itu, Bang Yos, demikian dia karib disapa, meminta, setiap calon penumpang pesawat memperhatikan prosedur tambahan yang ada di kota tujuan. Prosedur standar yang mesti disediakan sesuai SE 7/2020 itu yakni KTP atau tanda pengenal lainnya yang sah.

Baca juga: 132 Orang Guru Ikuti Test Swab Jelang Pembelajaran Tatap Muka

Kemudian, surat keterangan uji tes PCR dengan hasil negatif Covid19 yang berlaku 7 hari atau surat keterangan uji Rapid Test dengan hasil non-reaktif Covid19 yang berlaku 3 hari pada saat keberangkatan.

Selanjutnya, surat keterangan bebas gejala seperti influensa (influenza-like illness) yang dikeluarkan oleh Dokter Rumah Sakit/Puskesmas, bagi daerah yang tidak memiliki fasilitas Test PCR dan/atau Rapid-Test.

Ditambahkan Humas PT Angkasa Pura II KC BIM, Fendrick Sondra, layanan Rapid Test berbayar yang dilayani Kimia Farma Labor ini, biayanya sebesar Rp300 ribu.

"Layanan dari Kimia Farma Labor di terminal BIM ini, prinsipnya untuk setiap warga yang membutuhkan. Tak semata untuk calon penumpang pesawat udara," terangnya.

Baca juga: 17.487 KPPS di Padang Ikuti Rapid Test, Riki: Bagi yang Reaktif Tak Bisa Bertugas

Untuk penumpang pesawat udara yang mendarat di BIM, ungkap Fendrick, masih akan jalani pemeriksaan swab test Covid19. "Layanan pemeriksaan swab ini, free dari Pemprov Sumbar," tukas Fendrick. (kyo)

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: