Wacana Swab Massal Pedagang Pasar Payakumbuh, Ini Respon Asosiasi PKL

Kamis, 04 Juni 2020, 19:17 WIB | News | Kota Payakumbuh
Wacana Swab Massal Pedagang Pasar Payakumbuh, Ini Respon Asosiasi PKL
Pasar Payakumbuh. (mardikola/valoranews)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

Wacana Swab Massal Pedagang Pasar Payakumbuh, Ini Respon Asosiasi PKL

VALORAnews - Asosiasi Pedagang Kreatif Lapangan (PKL) Pasar Payakumbuh mengajukan sejumlah syarat yang mesti dipenuhi Pemko Payakumbuh, sebelum melakukan tes swab massal bagi pedagang.

"Sebelum lakukan pengambilan spesimen dari pedagang, Pemko harus menyampaikan apa tujuan dilakukannya swab massal tersebut," kata Wakil Ketua Asosiasi PKL Pasar Payakumbuh, Saiful Hadi Dt Bagindo Bosa Nan Kayo, Kamis (5/6/2020).

Menurutnya, hal itu harus benar-benar tuntas disampaikan ke pedagang. Karenanya, di pasar saat ini, selain kesehatan, pedagang juga sangat khawatir dengan pemasukan yang dalam beberapa bulan terakhir menurun drastis.

Baca juga: 25 Anggota DPRD Payakumbuh 2024-2029 Dilantik

Untuk itu, Pemko Payakumbuh harus memastikan ketersediaan alat pengambilan spesimen yang sudah disterilkan, sehingga tidak menimbulkan kekhawatiran dari pedagang.

Tidak hanya itu, pemko juga harus memastikan bahwa segala biaya yang ditimbulkan untuk melakukan swab tes tidak dibebankan kepada pedagang alias gratis.

"Kalau diharuskan membayar biaya swab tes, pastinya pedagang tidak sanggup. Para pedagang saat ini sedang kolaps, karena minimnya jual beli. Apalagi dari informasi yang berkembang, biaya swab tes itu sampai jutaan rupiah," katanya.

Ia meminta, agar rencana swab dari Pemko Payakumbuh ini tidak menimbulkan keresahan baru di tengah-tengah masyarakat yang bisa membuat pengunjung semakin khawatir untuk ke pasar.

Baca juga: Pertemuan Pilar-Pilar Sosial Kota Payakumbuh Angkatan XIV, Supardi Ingatkan Pentingnya Sinergisitas dengan Pemerintah

Asosiasi PKL berharap, ke depannya Pemko Payakumbuh bisa memberikan perhatian lebih terhadap kondisi sulit yang kini tengah dihadapi pedagang.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: