Riza: Usir Warga Tak Pakai Masker Masuk Pasar

Rabu, 20 Mei 2020, 21:49 WIB | News | Kota Payakumbuh
Riza: Usir Warga Tak Pakai Masker Masuk Pasar
Suasana pasar di pusat pertokoan Kota Payakumbuh. (mardikola/valoranews)

VALORAnews - Kerumunan di pasar bertingkat, mini market, toko swalayan dan pusat perbelanjaan barang kebutuhan sehari-hari di Pasar Ibuah, dalam tiga hari terakhir memicu kekhawatiran semakin merebaknya Covid19 di Kota Payakumbuh.

Jika kerumunan itu tak dapat dibendung, kemudian pembeli dan penjual tidak disiplin memakai masker, maka Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi selaku ketua Gugus Tugas Pencegahan Covid19 Payakumbuh, meminta Dinas Koperasi dan UKM bersama Tim Gugus Tugas, untuk menertibkan semua pengunjung pasar dan pedagang. Fokusnya, disiplin memakai masker dan menghindari kerumunan.

"Usir dan larang warga masuk pasar, jika tidak pakai masker," tegas Riza, Selasa (19/5/2020) pada sejumlah awak media, di kantar balai kota.

Riza mengaku cukup prihatin, dengan kerumunan disetiap pusat perniagaan serta di ministore, terutama di toko-toko pakaian di Jalan Sukarno-Hatta. Banyak pedagang dan pembeli mengabaikan protokol kesehatan, tidak memakai masker. Ketentuan social dan physical distancing, kelihatan tidak jalan sama sekali.

Baca juga: Dewan Penasehat dan Pakar PKS Payakumbuh Dikukuhkan, 8 Kursi jadi Target di Pemilu 2024

Melihat longgarnya penerapan PSBB itu, Riza mengkhawatirkan, penyebaran virus corona bakal tak terbendung. Dia berkeyakinan, kasus positif Covid19 di kota yang dipimpinnya itu bakal meningkat jika hal tersebut dibiarkan. Apalagi, antusias warga berbelanja sepekan jelang Idul Fitri 1441 H, bakal meningkat dan sulit menertibkannya.

Untuk itu, Riza mengimbau warga yang ke pasar, terutama yang datang dari daerah tetangga, mari bersama-sama memelihara dan meningkatkan disiplin, melaksanakan protokol kesehatan tersebut.

Menurut Riza, jika kasus Covid19 naik tajam, ancaman kematian di depan mata, karena terbatasnya tenaga kesehatan dan APD. Untuk itu, Riza mengajak semua elemen masyarakat, bersama-sama mengurangi aktifitas keluar rumah. (mdi)

Baca juga: Asrul Serahkan Cenderamata ke Wako dan Wawako Payakumbuh yang akan Masuki Purna Tugas

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: