BPS Sumbar Libatkan Mahasiswa UNP Sukseskan SP2020

Selasa, 10 Maret 2020, 19:43 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
BPS Sumbar Libatkan Mahasiswa UNP Sukseskan SP2020
Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno didampingi Pitono (Kanwil BPS Sumbar) menandatangani komitmen bersama menyukseskan SP2020 di Sumbar, Selasa (10/3/2020). (mangindo kayo/valoranews)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Sensus Penduduk (SP) 2020 di Sumbar, melibatkan 100 orang mahasiswa Jurusan Statistik Fakultas MIPA Universitas Negeri Padang (UNP). SP2020 ini bertemakan "menuju satu data kependudukan Indonesia," bisa dilakukan secara daring (online) oleh setiap penduduk.

"Mahasiswa sebagai generasi milenial, tentu melek dengan teknologi informasi yang jadi cara dalam pengumpulan data pada SP2020 ini. Semoga, pelibatan mahasiswa ini, bisa mempercepat pencapaian target sensus secara online ini," ungkap Kepala BPS Sumbar, Pitono pada rapat koordinasi (Rakor) kampus SP2020 sekaligus pengukuhan sahabat sensus Universitas Negeri Padang (UNP), Selasa (10/3/2020).

Dikatakan, sejumlah daerah di Sumbar, persentase pencapaian target SP2020 masih rendah. "Kami menilai, rendahnya partisipasi ini karena rendahnya kepedulian penduduk. Semoga kehadiran mahasiswa ini, bisa mengakselerasi pencapaian target," harap Pitono.

Karena dilakukan secara daring, terangnya, untuk menghindari kesalahan pengisian data, disarankan untuk memanfaatkan fasilitas simpan (save) lebih dulu, sebelum diunggah (upload) ke sistem yang beralamat di https://sensus.bps.go.id/login.

Baca juga: Penyelenggaraan Statistik Sektoral 2023, BPS Sumbar Nobatkan Bukittinggi jadi yang Terbaik

"Hanya ada satu kali masa perbaikan jika telah diunggah. Pengisiannya juga tak lama, paling 5 menit. Jika anggota keluarganya banyak, bisa butuh 8 menitan," ungkapnya.

Rakor ini juga dihadiri Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, Prof Ganefri (Rektor UNP) serta sejumlah pimpinan OPD di Setdaprov Sumbar. Sedangkan sahabat sensus ini merupakan anggota Himpunan Mahasiswa Statistika (Himasta) Jurusan Statistik Fakultas MIPA UNP.

Dikesempatan itu, Irwan Prayitno berharap, masyarakat Sumbar proaktif memanfaatkan momentum pendataan ini. "Data ini sangat penting sebagai acuan pembangunan," terangnya.

Sementara, Prof Ganefri berharap, mahasiswa UNP tersebut, bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk menimba ilmu statistik secara praktis.

Kemudian, dia juga mengajak jajaran ASN di BPS Sumbar, untuk jadi dosen tamu atau dosen luar biasa di Jurusan Statistik Fakultas MIPA UNP.

Sahabat Sensus

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: