Homestay Mulai Diminati Pelancong di Bukittinggi

Senin, 02 Maret 2020, 17:25 WIB | News | Kota Bukittinggi
Homestay Mulai Diminati Pelancong di Bukittinggi
Wali Kota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias saat diwawancarai jurnalis dari sebuah media televisi nasional, beberapa waktu lalu. (istimewa)

VALORAnews - Homestay merupakan bagian penting dalam mendukung program kepariwisataan yang ada di Kota Bukittinggi.

Demikian disampaikan Wali Kota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias pada acara silaturrahmi pengelola homestay se-Sumatera Barat di Bukittinggi, Senin (2/3/2020).

Disampaikannya, Pemerintah Kota (Pemko) Bukittinggi sangat mendukung keberadaan homestay, karena Bukittinggi merupakan daerah tujuan wisata di Sumatera Barat.

Kegiatan silaturahmi pengelola homestay se-Sumatera Barat merupakan yang ke-3 kali diselenggarakan di Bukittinggi. Di Bukittinggi sendiri terdapat 50 usaha homestay.

Baca juga: Sosper No 1 Tahun 2020, Imral Adenansi Jelaskan Kewajiban Pemerintah Daerah di Pariwisata Halal

"Di musim libur, Bukittinggi belum memadai menampung tamu yang menginap. Bukittinggi masih membutuhkan kamar banyak, untuk itu keberadaan homestay sangat penting," katanya.

Ia meminta pengelola homestay, menjaga kebersihan, layanan ketersediaan air minum dan kelengkapan fasilitas ibadah.

"Kepada pengelola homestay agar menjadikan Permen Parekraf No. 9 Tahun 2014 tentang Standar Usaha Pondok Wisata sebagai pedoman dalam menjalankan usahanya," katanya.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Bukittinggi, Supadria menyebutkan, homestay di Bukittinggi telah menjadi pilihan pengujung untuk menginap.

Baca juga: Sandiaga Uno Buka Sumarak Ramadhan, Mahyeldi: Pemprov Komit Perkuat Industri Pariwisata Halal

"Perkembangan homestay di Bukittinggi semakin pesat. Sarana dan prasarana yang tersedia di homestay tidak kalah nyaman dari hotel-hotel yang ada," tuturnya.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: