APBMI Sumbar Bergerak Batalkan Omnibus Law Ciptaker

Jumat, 28 Februari 2020, 18:53 WIB | Olahraga | Provinsi Sumatera Barat
APBMI Sumbar Bergerak Batalkan Omnibus Law Ciptaker
Ketua Asosiasi Pengusaha Bongkar Muat Indonesia (APBMI) Sumatera Barat, HM Tauhid memberikan keterangan pers terkait Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja (Ciptaker), Jumat (28/2/2020) di Padang. (istimewa)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Ketua Asosiasi Pengusaha Bongkar Muat Indonesia (APBMI) Sumatera Barat, HM Tauhid menilai, keberadaan Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja (Ciptaker), akan membuat para pengusaha dan pekerja dibidang bongkar muat makin terjepit.

"Kita kecewa atas regulasi ini. Karena, jelas-jelas tidak menunjukkan keberpihakan pada warga negara yang berusaha di sektor pelabuhan. Terlebih, APBMI juga tidak dilibatkan dalam penyusunan RUU itu," ungkap Tauhid didampingi pengurus lainnya, Jumat (28/2/2020).

Tauhid meminta, sejumlah pasal di dalam Omnibus Law Ciptaker ini ditinjau kembali. Khususnya pasal 91, berkenaan dengan syarat harus Badan Usaha BUP yang boleh menjalankan Usaha di Pelabuhan. "Untuk jadi BUP, syaratnya tidak mampu dipenuhi perusahaan swasta yang sudah dulu ada dan beroperasi di pelabuhan," terangnya.

Tauhid dan pengurus APBMI Sumbar menilai, Omnibus Law Ciptaker ini akan mematikan para pengusaha PBM di pelabuhan karena syarat tersebut seperti akal-akalan pihak tertentu dalam membunuh bidang usaha ini.

Baca juga: Nasrul Abit Ingatkan Pentingnya Menjaga Kasih Sayang pada Puja dan Ica

"Ini sama juga membunuh kami, padahal dalam Pidato Presiden Jokowi pada Rapimnas Kadin di Bali, ditegaskan bahwa BUMN dan pemerintah akan mendahulukan perusahaan swasta untuk bekerja seluas-luasnya," tegas Tauhid.

Dikatakan Tauhid, APBMI Sumbar bersama pengurus di tingkat provinsi se-Indonesia, akan terus berjuang untuk membatalkan Omnibus Law Ciptaker ini jadi UU. "Beleid terbaru ini akan berdampak buruk pada ribuan jiwa yang mencari nafkah pada bidang usaha PBM ini," tegasnya. (kyo)

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: