PKB Terbuka bagi Anak Muda untuk Bertarung di Pilkada, Feby: Tergantung Faldo Maldini

Jumat, 13 Desember 2019, 10:38 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
PKB Terbuka bagi Anak Muda untuk Bertarung di Pilkada, Feby: Tergantung Faldo Maldini
Ketua PSI Sumbar, Faldo Maldini. (istimewa)

VALORAnews - Ketua Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Sumbar, Febby Dt Bangso menyebut, partainya akan memprioritaskan kader yang telah berjuang di Pemilu 2019 lalu, sebagai calon kepala daerah di pemilihan serentak 2020 nanti. Namun, Feby tak menutup peluang, calon non kader diusung partai berlambangkan bintang sembilan itu di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota di Sumbar yang menggelar pemilihan kepala daerah.

Hal itu dikatkan Feby, pascaditolaknya permohonan uji materil yang dilayangkan Faldo Maldini dan kawan-kawan terkait pembatasan usia calon gubernur maupun bupati/wali kota sebagaimana diatur dalam Pasal 7 ayat (2) huruf e UU No 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota ke Mahkamah Konstitusi (MK).

"Yang lebih tepat diusung PKB tentu kader yang berjuang di Pileg. Namun, politik itu dinamis. Oleh karena itu, tidak tertutup kemungkinan, PKB untuk mengusung Faldo. PKB buka peluang untuk Faldo kalau ingin bertarung di Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pessel," ujarnya melalui ponsel, Rabu (11/12/2019).

Diketahui, pada pidato politiknya di Padang pada 28 Oktober 2019 lalu, Faldo menyatakan kesiapannya sebagai calon gubernur Sumbar pada pemilihan serentak 2020 mendatang. Dia pun menawarkan visi dan misi yang tertuang dalam Sumangaik Baru yang terdiri dari sembilan sumangaik (semangat-red) untuk ditelaah publik Ranah Minang.

Baca juga: Rakor Kesbangpol se-Sumbar, Mahyeldi: Cermati Isu Terkait Pemilu dan Pemilihan Serentak 2024

Pascapembacaan putusan majelis hakim MK pada 11 Desember 2019 lalu, Faldo belum menyatakan langkah politik dia selanjutnya di Sumatera Barat.

Dikatakan Feby, sebagai pemimpin muda dari sebuah partai, dirinya juga ingin memberikan ruang yang besar pada anak muda. Namun, dia menegaskan, semuanya tergantung kepada keseriusan seorang kandidat.

"Anak muda itu kan banyak. Faldo salah satu di antaranya. PKB membuka peluang untuk anak muda. Selanjutnya, tergantung orang yang diberi peluang itu. Peluang itu ditindaklanjuti atau tidak, bergantung keinginan yang bersangkutan," ucapnya.

Faldo Maldini sendiri belum menyatakan sikap resmi terkait langkah politiknya. Ketua DPW PSI Sumbar tersebut mengatakan, dia bertekad, akan ikut berkontribusi aktif dalam menghadirkan kepemimpinan terbaik bagi masyarakat.

Baca juga: Ini Nomor Urut 48 Pasangan Calon di Pilkada se-Sumbar dan Kekuatan di Parlemen Partai Pengusul

"Yang jelas, saya masih berpikir untuk menghadirkan kepemimpinan terbaik bagi masyarakat Sumbar. Kita harus punya standar tinggi dalam gagasan calon kepala daerah, mau bupati atau gubernur. Benar atau tidak, mereka memikirkan nasib kita hari ini hingga anak cucu kita," terang Faldo. (kyo)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: