Granit Lantai Mushalla SMKN 2 Bukittinggi Dipasang di Atas Pasir

Rabu, 04 Desember 2019, 23:27 WIB | Kabar Daerah | Kota Bukittinggi
Granit Lantai Mushalla SMKN 2 Bukittinggi Dipasang di Atas Pasir
Pemasangan lantai granit gedung mushalla SMKN 2 Bukittinggi, di atas taburan pasir tanpa semen. (hamriadi/valoranews)
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Bantuan pemerintah pusat ke Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Bukittinggi sebesar Rp1,3 miliar untuk berbagai pembangunan di sekolah tersebut, berpotensi akan merugikan negara bila dikerjakan dengan kualitas rendah.

"Saya bukan orang teknis meski demikian, kan ada pengawasnya yang mengawasi pelaksanaan pekerjaan itu. Jika pekerjaan selesai, ada kendala setelah itu masa garansinya kan ada," kata Ketua Tim Revitalisasi SMKN 2 Bukittinggi, Hodril, kemarin.

Penyataan Hodril ini terkesan ada unsur pembiaran dalam pelaksanaan pekerjaan secara swakelola itu. Contohnya, pemasangan granit lantai mushalla dilakukan penaburan pasir tanpa semen guna mendapatkan rata-rata pemasangan granit.

Hodril menyebutkan, sebelum pemasangan granit mushalla tersebut, telah dilakukan pengecoran lantai terlebih dulu. Ternyata, ada penaburan pasir tanpa semen. Hal itu akan dibicarakan dengan konsultan.

Baca juga: Yenita Andri Warman Ajak Alumni Ikut Bangun dan Majukan Almamater SMKN 2 Bukittinggi

Idealnya, selaku ketua tim revitalisasi pembangunan, meski tidak berlatar belakang teknik, Hodril, setidaknya mengetahui garis kasar pekerjaan karena telah ditunjuk sebagai ketua tim.

Hanya saja, Hondril menyebutkan, dia tidak mengetahui spesifikasi pelaksanaan pekerjaan termasuk Rencana Anggaran Biaya (RAB) pekerjaannya itu sendiri.

"Saya tidak memiliki RAB-nya. Apakah dalam spek penaburan pasir sebelum pemasangan granit dibolehkan bakal ditanyakan ke konsultan," katanya.

Hodril menyebutkan, ia juga tidak mengetahui konsultan pengawas, apakah perseorangan atau dari lembaga sebuah perusahaan yang bergerak di bidang teknik.

Baca juga: SMKN 2 Muara Siberut Terima Bantuan Kapal Latih

"Pada tahun sebelumnya, bantuan pusat juga diterima sekolah dengan konsultannya yang sama, artinya kita hanya meneruskan aja," tuturnya.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: