Abdul Rahman Luncurkan Germas Tingkat Solsel di Sangir Jujuan

Rabu, 28 Agustus 2019, 17:11 WIB | Wisata | Kab. Solok Selatan
Abdul Rahman Luncurkan Germas Tingkat Solsel di Sangir Jujuan
Wakil Bupati Solok Selatan, Abdul Rahman melauncing Germas di halaman Kantor Camat Sangir Jujuan, Rabu (28/8/2019). (humas)

VALORAnews - Wakil Bupati Solok Selatan H. Abdul Rahman, meluncurkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) tingkat Kabupaten Solok Selatan, di halaman kantor Camat Sangir Jujuan, Rabu (28/8/2019).

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan masyarakat untuk berperilaku sehat dalam upaya meningkatkan kualitas hidup, dan memiliki tujuan khusus untuk meningkatkan partisipasi dan peran serta masyarakat untuk hidup sehat, meningkatkan produktivitas masyarakat dan mengurangi beban biaya kesehatan.

Abdul Rahman menyebutkan, berdasarkan Instruksi Presiden No 1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, maka mulai dari Pemerintah Daerah sampai ke pemerintahan yang lebih kecil seperti pemerintahan nagari harus merespon dalam bentuk anggaran untuk mensukseskan program tersebut.

Rahman meminta agar OPD terkait dan Pemerintahan Nagari, menganggarkan dana untuk mendukung menyukseskan program Germas Hidup Sehat ini.

Baca juga: Ade Rizki Pratama Gelar Sosialisasi Germas di Lubuk Basung, Bupati Beri Kejutan Doorprize untuk Peserta

Rahman menambahkan, gerakan hidup sehat, terlebih dahulu harus dimulai dari kesadaran masyarakat itu sendiri.

"Masyarakat harus tumbuhkan kesadaran bersama berkaitan dengan pola hidup sehat, bagaimana pola hidup sehat itu dijadikan sebagai kebutuhan atau budaya," sebut dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatra Barat, Merry Yuliesday menyebutnya salah satu indikator adalah bergerak selama 1,5 Jam.

"Kalau sayang keluarga kita bergeraklah agar sehat," ungkapnya.

Baca juga: Pemilu 2024: Pantarlih akan Datangi Rumah Pemilih, Abdul Rahman: Siapkan KTP Elektronik dan KK

Ia menambahkan, pola hidup sehat juga bisa dimulai dengan menyajikan buah-buahan pengganti snack yang berisikan goreng-gorengan pada waktu diadakan rapat-rapat di kantor.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: