Infrastruktur Ramah Disabilitas Dibangun, Faldo: Keberpihakan Kebijakan juga Penting

Selasa, 03 Desember 2019, 21:58 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
Infrastruktur Ramah Disabilitas Dibangun, Faldo: Keberpihakan Kebijakan juga Penting
Faldo Maldini mengobrol dengan anggota komunitas penyandang disabilitas di Kota Padang pada peringatan Hari Disabilitas Internasional, Selasa (3/12/2019). (istimewa)

VALORAnews - Faldo Maldini mengunjungi komunitas penyandang disabilitas di Kota Padang, Selasa (3/12/2019). Dalam pertemuan dalam rangka memaknai peringatan Hari Disabilitas Internasional itu, Faldo mendengarkan berbagai keluhan anggota kelompok difabel itu.

"Saudara kita komunitas difabel mengajarkan banyak hal. Mereka guru saya. Berjuang untuk tetap menyala. Tidak patah, mereka bengkok, lalu melenting. Mereka jalani semua yang mereka bisa di tengah segala ketidakberpihakan," kata Faldo, Selasa siang.

Faldo menekankan pentingnya kebijakan yang berpihak kepada kelompok disabilitas. Menurutnya, pemerintah harus merumuskan konsep yang lebih inovatif.

"Jangan sekadar bilang ramah, tapi tidak merumuskan kebijakan yang konkret. Kita tidak tahu ada berapa banyak penerjemah bahasa isyarat yang tersedia untuk mendukung mereka. Kita tidak tahu berapa banyak pekerjaan yang sesuai dengan spesialisasi mereka. Ini harus jelas semuanya," ujar Faldo.

Baca juga: Dinilai Peduli pada Serikat Pekerja, Mahyeldi dan Eri Zulfian Raih KSPSI Award 2024

Ketua DPW PSI Sumatera Barat ini menegaskan komitmennya terhadap komunitas penyandang disabilitas. Salah satu bukti komitmen itu, terdapatnya konsep pemberdayaan termasuk pemberdayaan terhadap penyandang disabilitas, yang merupakan visinya dalam mencalonkan diri pada pemilihan gubernur Sumbar nanti.

"Kami punya Sumangaik Sambilan, konsepnya Sumangaik Badayo. Kelompok difabel harus dipastikan mendapatkan akses pekerjaan. Mereka tidak boleh didiskriminasi karena keadaannya. Warga Sumbar mesti makin pintar otaknya, makin kenyang perutnya, makin penuh dompetnya, dan makin tentram hatinya. Lengkapnya, silakan baca di http://sumangaikbaru.com," ucap Faldo.

Dalam pertemuan tersebut, Faldo juga melakukan panggilan video (video call) dengan Wakil Menteri Pertanahan, Surya Tjandra, kader PSI yang juga seorang disabilitas. Surya menyemangati kelompok difabel Padang untuk terus menggapai mimpi mereka.

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: